sign up SIGN UP search


menyusui

5 Langkah Melakukan Pijat Payudara agar ASI Berlimpah

Annisa Karnesyia Minggu, 30 May 2021 10:30 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Banyak cara bisa Bunda lakukan untuk membuat produksiĀ ASI berlimpah lho. Salah satunya dengan melakukan pijat payudara.

Tahukah Bunda, pijat payudara dipercaya bisa memberikan banyak manfaat bagi Bunda menyusui. Selain meningkatkan produksi ASI, cara ini juga bisa mengurangi rasa nyeri saat menyusui.

"Pijat payudara memiliki banyak manfaat termasuk meningkatkan hasil ASI, menurunkan risiko penyumbatan, mengurangi pembengkakan, dan lainnya," kata Konsultan laktasi Tori Sproat, dikutip dari Romper.


Berdasarkan penelitian, pijat payudara bisa meningkatkan kandungan lemak dalam tiap sesiĀ menyusui atau memerah. Pada akhirnya, teknik ini bermanfaat untuk kenaikan berat badan bayi.

Menurut konselor laktasi, F.B. Monika, Pijat payudara juga sangat penting dilakukan oleh para Bunda yang sedang menjalani program relaktasi dan induksi laktasi. Contohnya seperti menarik napas dan panjang serta dibantu dengan rangsangan visual dan audio.

Lalu kapan sebaiknya pijat payudara dilakukan?

Teknik memijat payudara bisa dimulai ketika Bunda sedang menyusui atau tengah bersantai. Saat menyusui, teknik pijat bisa dilakukan ketika bayi hanya menempel di payudara tanpa mengisap atau menelan. Selain itu, teknik ini juga dapat dilakukan untuk bayi yang setelah beberapa isapan langsung tertidur.

"Dengan memijat dan menekan payudara, aliran ASI akan deras dan memicu bayi untuk mengisap lagi," kata Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.

Pijat payudara bisa dilakukan sendiri atau saat Bunda memerah ASI. Dalam kondisi ini, pengosongan payudara bisa menjadi lebih baik.

Meski begitu, Bunda perlu memahami langkah-langkahnya dengan tepat agar pijat bisa memberikan manfaat, yakni ASI berlimpah. Bagaimana langkah-langkah pijat payudara untuk Bunda menyusui?

Baca halaman berikutnya.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

LANGKAH PIJAT PAYUDARA BUNDA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi