sign up SIGN UP search


menyusui

3 Tips Mengatur Jadwal Menyusui Bayi Sesuai Usia, New Mom Perlu Tahu Nih

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 26 Sep 2021 12:35 WIB
happy family mother playing and hug with newborn baby  in bed caption

Jakarta - Menyusui bayi memang tidak ada aturan tertulisnya ya, Bunda. Tetapi, idealnya ada panduan frekuensi atau jadwal menyusui bayi sehingga kebutuhan nutrisi mereka terpenuhi sesuai dengan usianya.

Setiap bayi memang berbeda satu sama lain. Kebutuhan ASI setiap bayi pun tidaklah sama ya, Bunda. Sehingga, seberapa sering dan seberapa banyak bayi akan menyusu juga akan bergantung pada kebutuhan masing-masing bayi.

Bunda pun sebaiknya memahami aturan ini sehingga dapat memenuhi kebutuhan ASI bayi dengan maksimal. Khususnya para ibu baru yang biasanya masih awam banget ya, Bunda, mengenai frekuensi menyusui bayi yang ideal.


Di awal-awal, khususnya bagi para ibu baru mungkin tampak membingungkan ya, Bunda. Terkadang, selama bayi anteng dan tidak rewel biasanya para Bunda tidak akan menawari bayinya untuk menyusu. Padahal, setiap 2-3 jam sekali sebaiknya bayi tetap diberikan ASI meski mereka tidur terlelap.

"Saya pikir salah satu kejutan terbesar tentang menyusui ialah mengetahui seberapa sering bayi Bunda perlu makan," kata Carol Huotari, IBCLC, director of the Breast Feeding Information Center at La Leche League International di Illinois, seperti dikutip dari laman WebMD.

Ditambahkan lebih lanjut, mengingat ASI sangat mudah dicerna, kebanyakan bayi yang diberi ASI makan lebih sering daripada bayi yang diberikan susu formula. Biasanya mencapai 8 hingga 12 kali sehari.

Seringkali, para Bunda juga menyusui setiap satu setengah hingga dua jam sekali dan biasanya akan sepanjang waktu selama beberapa minggu pertama kehidupannya.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi jadwal menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Huotari mengingatkan, meskipun menangis menjadi sinyal bahwa bayi merasa lapar dan siap untuk menyusu, tetapi sebaiknya Bunda tidak perlu menunggu sampai bayi histeris sebelum mencoba menyusu.

"Bayi memiliki perut yang sangat kecil, jadi Bunda harus berasumsi bahwa mereka akan lapar dalam waktu dua jam atau kurang. Jika memungkinkan, jangan menunggu sampai bayi Bunda menangis untuk mulai menyusuinya,"tambah Huotari.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda untuk informasi mengenai frekuensi menyusui yang ideal sesuai usia bayi.

Nah, buat Bunda yang sudah mulai WFO simak tips memerah ASI di kantor seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



3 ATURAN DALAM MENGATUR JADWAL MENYUSUI BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!