sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Mengatur Jadwal Pompa ASI di Kantor Disesuaikan dengan Usia Bayi

Juan Satya Selasa, 14 Sep 2021 11:25 WIB
Medical electric breast pump to increase milk supply for breastfeeding mother and children's clothing Ilustrasi jadwal memompa ASI di kantor/Foto: Getty Images/iStockphoto/Shavel Ludmila

Jakarta - Bunda sedang bersiap untuk kembali bekerja usai cuti melahirkan? Enggak bisa dipungkiri ya, Bunda, masa-masa ini penuh dengan rasa galau dan kekhawatiran. Terutama mengenai stok ASI Perah saat kembali bekerja di kantor.

Memompa ASI di sela-sela kerja menjadi solusi yang paling memungkinkan untuk menjaga asupan nutrisi Si Kecil. Menurut dokter spesialis anak bersetifikat Marvin Resmovits, M.D, Bunda dapat menggunakan breast pump untuk mulai memompa ASI. Sedangkan mengenai kapan waktunya? Hal itu sangat bergantung pada situasi pekerjaan Bunda.

Saat hari-hari awal menyusui, Bunda mungkin hanya memiliki sedikit waktu antara sesi menyusui untuk memompa. Para ahli laktasi menyarankan Bunda untuk menunda pemberian botol sampai proses menyusui berjalan sesuai ritmenya, yaitu saat bayi berusia empat hingga enam minggu.


"Pada saat bayi berusia 4 hingga 6 minggu, menyusui harus sudah mapan, dan Bunda kemungkinan akan memiliki cukup waktu di antara sesi menyusui untuk memompa ASI ekstra yang dapat disimpan untuk digunakan nanti," kata Resmovits dikutip What to Expect.

Banner Rumah TKW BlitarRumah TKW Blitar/ Foto: HaiBunda/Mia

Seberapa Sering Bunda Harus Memompa ASI di Tempat Kerja?

Jika sudah mulai bekerja di kantor, ini saatnya mulai mengatur waktu pompa ASI seefisien mungkin. Amanda Glenn, seorang penasihat laktasi bersertifikat, mengatakan bahwa seberapa sering Bunda harus memompa ASI di tempat kerja sangat bergantung pada berapa lama waktu Bunda bekerja, usia sang buah hati, dan tugas pekerjaan yang dilakukan.

Secara umum, Glenn menyarankan Bunda untuk membidik jumlah sesi pemompaan berdasarkan berapa lama waktu bekerja saat pertama kali kembali. Jika Bunda memiliki durasi 4 jam kerja per hari, Bunda bisa melakukan sebanyak satu sesi pemompaan.

Infografis ASI perahInfografis ASI perah/ Foto: Infografis

Lalu, jika memiliki durasi 6 jam kerja per hari, Bunda bisa melakukan sebanyak 2 sesi pemompaan. Namun, jika Bunda memiliki durasi bekerja 8 jam dan 12 jam, sesi pemompaan ASI pun bisa dilakukan sebanyak tiga hingga empat sesi pemompaan.

Berapa Lama Sesi Pemompaan Bunda di Tempat Kerja?

Menurut Glenn, hal ini tergantung pada berapa banyak sesi pemompaan yang dimiliki, Bunda. Jika Bunda memompa sesuai dengan jumlah sesi yang disarankan, maka setiap sesi pemompaan harus sekitar 15 hingga 20 menit.

Dalam kebanyakan kasus, 15 menit sudah cukup untuk melakukan sesi pemompaan ASI, Bunda. Namun, beberapa Bunda mungkin perlu sedikit lebih banyak waktu untuk melakukan sesi pemompaan.

Lalu, bagaimana tips yang tepat dalam mengatur jadwal pompa ASI yang benar di tempat kerja, ya? Temukan tipsnya dengan klik baca halaman berikutnya.

Simak juga cara menghangatkan ASI perah yang benar dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENGATUR JADWAL POMPA ASI DI TEMPAT KERJA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!