sign up SIGN UP search


menyusui

Memahami Jadwal Menyusui Bayi Baru Lahir

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 18 Feb 2021 16:21 WIB
Ibu menyusui Ibu menyusui/ Foto: iStock

Bagi ibu baru, menghadapi jadwal menyusui memang menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, proses menyusui berlangsung siang-malam setiap dua jam sekali, pastinya energi ibu amat terkuras.

Biasanya, para ibu baru belum terlalu peka dengan isyarat ingin menyusu dari bayinya, mereka pun seringkali tidak percaya diri dengan kemampuannya mengeluarkan ASI. Tapi, seorang ibu pasti akan cepat beradaptasi.

"Kami mengajarkan bahwa seorang ibu harus mempelajari isyarat menyusu dan kenyang pada bayi dan dibimbing oleh isyarat bayi terutama sejak awal menyusui," ujar Kathleen Gale, konsultan laktasi di Chicago, seperti dikutip dari laman Parents.


Gale mengatakan bahwa setiap ibu sedianya menghasilkan ASI dengan kecepatan berbeda. Setiap ibu juga memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda di payudara. Serta, setiap bayi pun berbeda dalam kemampuannya menghisap ASI.

Kendati demikian, jika tidak ada kendala medis, setiap ibu pasti bisa memproduksi ASI. Di bulan pertama, kata Gale, bayi biasanya menyusu 8 hingga 12 kali sehari. Hal terbaik bagi para ibu tentunya memberikannya makan sebelum tangisan dimulai.

Banner Nia Ramadhani

Waspadai juga tanda-tanda awal yang menjadi penanda bayi lapar seperti gerakan lidah di mulut, termasuk memainkan bibir dan lidah, membuka mulut lebar-lebar sambil mengarahkan wajah ke sesuatu yang dia sentuh, mengepalkan tangan dan menekuk lengan serta memegang tangan di dekat wajah atau mulut.

Selain memahami isyarat bayi lapar, Bunda juga perlu mengetahui durasi menyusui yang ideal. Gale mengatakan bahwa lamanya pemberian makan sesungguhnya bervariasi dari orang ke orang. Beberapa bayi pada kenyataannya dapat menghabiskan sedikitnya 5 menit untuk setiap sesi menyusui sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu 20 hingga 30 menit tiap sesi menyusui.

Klik di halaman selanjutnya untuk informasi lengkapnya ya, Bunda. 

Simak informasi lain seputar ASI, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

MENYUSUI BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi