sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Ketahui Tanda Bayi 3-6 Bulan Cukup ASI

Annisa Karnesyia Sabtu, 17 Jul 2021 08:10 WIB
Portrait of a young attractive woman breastfeeding a child, holding on her hands, sitting. New born, bonding concept photo, horizontal 5 Tanda Bayi 3-6 Bulan Cukup ASI/ Foto: iStock
Jakarta -

Menyusui bayi bukan perkara mudah ya, Bunda. Karena belum bisa bicara, bayi pun tidak bisa mengatakan dirinya kenyang atau lapar.

Bayi cukup ASI atau tidak bisa dinilai oleh orang tuanya. Pada bayi berusia 3-6 bulan, Bunda perlu memahami kebutuhan dan jadwal menyusui karena bisa berbeda dari bayi baru lahir.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk menghitung kebutuhan nutrisi harian bayi berdasarkan berat badannya. Namun, ketentuan itu mungkin hanya dibutuhkan bayi baru lahir.


Dokter anak Danielle Roberts, MD, mengatakan bayi di usia 3 bulan ke atas mungkin tidak perlu dihitung kebutuhan nutrisinya, kecuali bila berat badannya tidak bertambah atau kurang. Di tahap ini, kita hanya perlu memastikan bayi sudah makan teratur dan menyusu dalam jumlah yang sesuai.

"Bayi mungkin akan menyusu sedikit lebih lama daripada saat baru lahir karena mereka lebih efisien dalam makan dan dapat mengambil lebih banyak ASI dalam satu waktu," kata Roberts, dilansir Very Well Family.

"Rata-rata, bayi usia ini akan makan setiap 3 hingga 4 jam. Namun, bayi yang diberi ASI mungkin perlu makan lebih sering di awal tahap ini karena ASI lebih cepat dicerna daripada susu formula."

Memasuki usia 4 bulan, bayi menyusu sekitar 117 ml setiap 3 hingga 4 jam. Pada usia 6 bulan, kebutuhannya sedikit meningkat dengan durasi pemberian setiap 4 hingga 5 jam.

"Total asupan mereka di siang hari juga tergantung pada berapa lama mereka tidur di malam hari. Jika bayi melewatkan beberapa kali makan di tengah malam, bayi mungkin perlu menyusu dalam volume yang lebih besar atau lebih sering di siang hari daripada bayi yang bangun untuk menyusui setiap tiga jam," ujar Roberts.

Bayi memiliki kemampuan untuk mengetahui kapan harus berhenti menyusu. Tetapi, ada kalanya bayi menolak menyusu meski belum kenyang.

Jika merasa bayi tidak cukup ASI, Bunda bisa melihat kondisinya. Jangan sampai bayi tidak mendapatkan ASI dengan cukup karena kita lalai ya.

Lalu apa saja tanda bayi 3-6 bulan cukup ASI? Baca halaman berikutnya.

Simak juga 3 penyebab produksi ASI turun, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TANDA BAYI 3-6 BULAN TIDAK CUKUP ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi