sign up SIGN UP search

parenting

Seberapa Sering Bayi Usia 0-12 Bulan Harus Makan dalam Sehari?

Annisa Karnesyia Kamis, 18 Feb 2021 16:24 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

Pemberian ASI pada bayi bisa terus dilakukan hingga berusia 12 bulan. Memasuki usia 6 bulan, Bunda bisa mulai mengenalkan si kecil dengan makanan pendamping ASI (MPASI) ya.

Sejak bayi lahir sebenarnya mereka sudah mengenal rasa lapar. Tidak heran jika bayi bisa disusui hanya dalam 30 menit setelah dilahirkan.

Mengatur jadwal makan bayi usia 0-12 bulan memang tidak mudah. Para ahli bahkan mengatakan bahwa menetapkan jadwal ini bisa membingungkan bagi ibu baru.


"Saya pikir salah satu kejutan menyusui adalah saat kita mengetahui seberapa sering bayi makan," kata Carol Huotari, IBCLC, direktur Pusat Informasi Menyusui di La Leche League International, dilansir WebMD.

Banyak wanita akhirnya merasa khawatir tidak menghasilkan cukup ASI karena jadwal yang berantakan. Tak sedikit yang merasa gagal hanya karena bayi mereka sering menyusu, Bunda.

"Mereka mengira karena bayi sering makan atau payudara tidak penuh seiring berjalannya waktu, ASI yang dihasilkan tidak cukup lagi untuk diberikan. Padalah ini tidak semuanya benar," ujar Linda Hanna, IBCLC, founder My Nursing Coach.

Semakin bayi tumbuh besar, kondisi tubuhnya juga akan berubah. Perutnya jadi meregang dan membesar dan sulit bagi kita mengetahui berapa banyak ASI yang dikonsumsi bayi saat menyusu.

Banner Nia Ramadhani

Lalu seberapa sering bayi usia 0-12 bulan harus makan dalam satu hari?

Setiap bayi itu berbeda dan unik, Bunda. Namun, yang cukup konsisten adalah mereka yang menyusu ASI akan lebih sering makan, dibandingkan yang diberi susu dari botol. Kenapa?

ASI ternyata lebih mudah dicerna dari perut bayi dibandingkan susu formula. Menyusui secara langsung memang dianjurkan sejak bayi lahir.

Menurut La Leche League International, ibu harus mulai menyusui bayinya dalam waktu 1 jam setelah lahir. Ia sebaiknya menyusui sekitar 8 hingga 12 kali per hari dalam beberapa minggu pertama kehidupan Si Kecil.

"Pada awalnya, jangan biarkan bayi tidak disusui selama lebih dari 4 jam. Ibu mungkin perlu membangunkan bayi jika diperlukan, setidaknya selama proses menyusui baik dan berat badan anak bertambah sesuai usianya," kata dokter anak Dr.Karen Gill, dikutip dari Healthline.

Nah, simak halaman berikutnya untuk tahu seberapa banyak bayi perlu diberi makan dalam satu hari.

Simak juga penyebab dan tips mengatasi anak GTM, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JADWAL PEMBERIAN MAKAN BAYI USIA 0-12 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi