sign up SIGN UP search


menyusui

9 Cara Memerah ASI dengan Tangan, Anti Pegal & Dijamin Mengalir Deras Bun

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 30 Sep 2021 11:20 WIB
Mother is pouring milk from breast milk storage bags to baby bottle with measuring scale,  Breast Pumping milk concept. selective focus. caption

Jakarta - Cara memerah ASI dengan tangan memang tak banyak menjadi pilihan para Bunda menyusui. Selain kurang praktis, rasa pegal saat memerah ASI dengan tangan menjadi kendala yang banyak dikeluhkan.

Memang ya, Bunda, menggunakan bantuan pompa ASI untuk memerah ASI sangatlah praktis. Bunda tidak perlu repot bekerja ekstra, ASI pun dihasilkan dengan maksimal. Apalagi, penggunaan pompa ASI elektrik dengan dobel pump akan membuat waktu memerah ASI jadi lebih efisien. Pastinya bikin happy banget karena Bunda bisa melakukan berbagai aktivitas sambil pompa ASI elektrik tersebut.

Meski butuh perjuangan, cara memerah ASI dengan tangan tetap penting dilakukan sesekali lho, Bunda. Sebab, ada banyak manfaat di balik cara memerah ASI dengan tangan tersebut untuk Bunda menyusui.


Berikut di antaranya manfaat memerah ASI dengan tangan:

Infografis teknik memerah ASIInfografis teknik memerah ASI dengan tangan/ Foto: HaiBunda

1. Mengeluarkan kolostrum

Menurut Angie Natero, seorang konsultan laktasi, bahwa kemampuan tangan memerah ASI menjadi alat yang sangat berharga dan seringkali lebih efisien daripada pompa dalam beberapa hari pertama, dalam mengeluarkan kolostrum yang berharga untuk bayi. Ini dikarenakan konsistensi kolostrum yang lebih tebal dan dalam jumlah yang lebih sedikit.

"Setiap tetes kolostrum sangatlah berarti dan manfaat kesehatan yang diterima bayi dari beberapa sendok teh selama satu atau dua hari pertama menyusui sangatlah penting," kata Natero seperti dikutip dari laman Romper.

2. Mencegah bayi tersedak

Enggak hanya itu saja ternyata manfaat memerah ASI dengan tangan lho, Bunda. Karena, manfaat lain seperti mencegah bayi tersedak karena kelebihan pasokan ASI.

Jika Bunda mengalami kelebihan dalam pasokan ASI dan menyebabkan bayi tersedak karena hal tersebut, Bunda dapat melakukan cara memerah ASI dengan tangan terlebih dahulu selama satu hingga dua menit sebelum membiarkan bayi menyusu dengan Bunda. Cara ini dapat meminimalisir bayi tersedak tentunya, Bunda.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk mengetahui teknik memerah ASI dengan tangan yang benar.

Simak juga cara memerah ASI dengan tangan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



9 CARA MEMERAH ASI DENGAN TANGAN ANTI PEGAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!