sign up SIGN UP search


menyusui

11 Cara Memerah ASI Tanpa Alat, Sangat Bermanfaat saat Tak Ada Listrik Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 19 Jul 2022 07:10 WIB
Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept. caption
Jakarta -

Memerah ASI mungkin tak mudah bagi semua ibu menyusui, apalagi bila tanpa bantuan alat. Yuk, simak cara memerah ASI tanpa alat untuk mendukung kelancaran mengASIhi, Bunda.

Bagi Bunda yang memerah ASI tanpa alat, dapat memanfaatkan ekspresi tangan dengan mudah. Mungkin di awal-awal masih kaku dan terasa sulit, tetapi seiring dengan waktu, tentunya Bunda akan terbiasa memerah tanpa bantuan alat.

"Ekspresi tangan pada dasarnya mengeluarkan ASI dari payudara dengan tangan,"ujar Francie Webb, seorang doula dan konsultan pelatihan laktasi, seperti dikutip dari laman The Cut.


Ekspresi tangan, sambung Webb, pada dasarnya juga dapat membantu meringankan pembengkakan, membantu pengeluaran ASI, dan memungkinkan pengumpulan ASI kapan saja, di mana saja.

WHO menyatakan dalam manual pelatihan konseling menyusui bahwa cara paling berguna bagi ibu menyusui yakni memerah ASI dengan tangan. Sebuah studi UCSF 2011 menunjukkan bahwa ibu baru yang memerah ASI dalam beberapa hari pertama dapat menyusui lebih lama. 

Memerah ASI dengan ekspresi tangan

Melansir Very Well Family, ekspresi tangan juga disebut ekspresi manual yakni teknik yang menggunakan tangan untuk memerah ASI dari payudara. Keterampilan ini cukup mudah dipelajari dan merupakan teknik yang baik untuk dipraktikkan ketika wanita mulai menyusui sehingga dapat membantu ketika dibutuhkan.

Selain membantu memerah ASI kapan saja dan dimana saja, keterampilan memerah ASI dengan tangan dapat berguna saat sumber listrik tidak tersedia, pompa ASI berhenti bekerja, atau memerlukan baterai baru. Pilihan lain dalam situasi ini ialah menggunakan bantuan tangan.

Kemudian, cara memerah ASI tanpa alat dan berganti menggunakan tangan juga bermanfaat dalam kondisi payudara sedang membesar dan keras tepat sebelum menyusui. Dengan memerah ASI menggunakan tangan dapat membantu melunakkannya dan membuatnya lebih mudah menyusu.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara memerah ASI dengan tangan.

[Gambas:Video Haibunda]



11 CARA MEMERAH ASI TANPA ALAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!