sign up SIGN UP search


menyusui

Alasan Bunda Dilarang Melewatkan Pumping ASI di Pagi Hari

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 24 Nov 2022 07:15 WIB
Pumping Alasan Bunda Dilarang Melewatkan Pumping ASI di Pagi Hari/Foto: Getty Images/iStockphoto/ronnachaipark
Jakarta -

Bunda tidak boleh melewatkan waktu memerah atau pumping ASI saat masih menyusui Si Kecil ya. Pumping perlu dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan suplai ASI.

Tak hanya itu. Pumping ASI juga bisa menyediakan stok ASI perah untuk Bunda yang sudah mulai bekerja.

"Memompa ASI adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah terkait suplainya. Beberapa orang memiliki untuk mempompa usai sesi menyusui untuk meningkatkan suplai ASI. Pumping juga dapat membantu menyiapkan stok di freezer bila khawatir dengan persediaan ASI yang rendah," kata psikolog dan perawat, Debra Rose Wilson, Ph.D., dilansir Medical News Today.


Waktu pumping paling baik di pagi hari

Sebenarnya tidak ada waktu terbaik pumping ASI. Waktu terbaik ini sepenuhnya bergantung pada kondisi Bunda. Seiring berjalannya waktu, ibu menyusui atau busui umumnya akan menemukan jadwal terbaik untuk pumping.

Tetapi, banyak orang percaya bahwa waktu terbaik pumping sebenarnya di pagi hari. Anggapan ini tidak salah kok, Bunda.

Di pagi hari, payudara secara alami akan lebih penuh karena diatur oleh hormon dan ritme sirkadian. Pumping di waktu ini bisa menghasilkan lebih banyak ASI.

Melansir dari What to Expect dan Healthline, busui dapat pumping sekitar satu jam setelah sesi menyusui di pagi hari untuk menambah persediaan. Pumping juga dapat dilakukan sebelum bayi bangun.

Kandungan nutrisi ASI di pagi hari juga disebut berbeda dengan ASI malam hari. ASI pagi hari mengandung sumber nutrisi yang menyediakan energi untuk Si Kecil. Sedangkan ASI sore hingga malam hari mengandung bahan yang bisa menenangkan bayi.

Para peneliti percaya kandungan 'nutrisi' ini dapat membantu memprogram jam biologi sirkadian bayi, yakni pencatat waktu internal yang memungkinkan bayi bisa membedakan siang dari malam.

Lalu apa sih kandungan ASI di pagi hari yang membuatnya berbeda dari siang dan malam hari? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 3 trik jitu pumping agar ASI berlimpah, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BEDA KANDUNGAN ASI PAGI, SIANG, DAN MALAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!