sign up SIGN UP search


menyusui

Memerah ASI dengan Tangan di Awal Menyusui seperti Nagita Slavina Ternyata Efektif Lho

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 23 Mar 2022 08:27 WIB
Nagita Slavina caption

Jakarta - Di jaman sekarang, memerah ASI dengan tangan memang tak lagi jadi pilihan para busui. Para Bunda menyusui masa kini pun lebih memilih memerah ASI menggunakan cara yang yang lebih mudah dan praktis yakni dengan pompa ASI elektrik.

Padahal, teknik memerah ASI dengan tangan di awal kelahiran lebih praktis dan tak kalah banyak hasil pompa ASI-nya lho, Bunda.

Hal itu pun dirasakan Bunda seleb Nagita Slavina, melalui video di akun Youtube AH. Ia membagikan pengalamannya pada masa awal kelahiran putra keduanya Rayyanza Malik Ahmad.


Sebagai sesama ibu menyusui, Nagita membagikan pengalamannya ke Aurel Hermansyah. Salah satunya tentang tips dan trik agar ASI bisa keluar dari payudara dengan lancar.

Nagita Slavina mengakui pada awalnya ia juga mengalami kesulitan mengeluarkan ASI, padahal istri Raffi Ahmad itu sudah sering memompa. Karena terlalu sulit, ia akhirnya memutuskan untuk memerah manual dengan menggunakan tangan. Ia memijat payudaranya agar ASI untuk baby Rayyanza bisa keluar. 

"Ini kan dipompa enggak keluar-keluar, jadi harus merah pakai tangan satu-satu, tes-tes gitu. Ini ngebagel," ujar Nagita Slavina.

Jusuf HamkaJusuf Hamka/ Foto: Novita Rizki

Sedianya, menyusui memang merupakan proses alami. Tetapi, bayi yang baru lahir terkadang tidak dapat menempel dengan benar ke payudara ibu segera setelah lahir. Hal ini pun menghambat kemampuan bayi untuk menelan ASI awal yang kaya antibodi yang disebut kolostrum.

Dalam kasus seperti ini, biasanya petugas pelayanan kesehatan sering menyarankan ibu untuk berlatih memerah ASI mereka sendiri yang artinya mereka mengambil ASI dari payudara tanpa menyusui bayi.

Baik dengan teknik memerah ASI dengan tangan maupun menggunakan alat bantu diketahui dapat meningkatkan produksi ASI serta menjaga pasokan ASI tetap seimbang.

"Ibu baru sering kali sangat frustrasi saat bayi tak dapat menempel dengan baik ke payudara. Dan, memompa ASI menjadi pilihan yang baik untuk busui. Konsultan laktasi pun biasanya akan menyarankan teknik memerah ASI dengan tangan daripada memompa pada periode awal bayi baru lahir," ujar Valerie Flaherman, MD, MPH, dokter anak di UCSF Benioff Children Hospital, seperti dikutip dari laman Ucsf.

Dalam sebuah studi terhadap 68 ibu, hasil menunjukkan bahwa teknik memerah ASI dengan tangan di awal postpartum dapat meningkatkan tingkat menyusui akhirnya jika dibandingkan dengan pemompaan payudara.

Melansir Very Well Family, memerah ASI dengan tangan merupakan sebuah keterampilan. Sama seperti keterampilan lainnya, mungkin butuh waktu untuk mempelajari cara melakukannya dengan benar. Praktik teknik ini dapat tepat jika Bunda juga mempraktikkannya dengan baik ya, Bunda.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda untuk ulasan lebih lengkapnya ya, Bunda.

Simak juga yuk video tentang cara memerah ASI dengan tangan yang tepat:

[Gambas:Video Haibunda]



TEKNIK MEMERAH ASI DENGAN TANGAN DI AWAL KELAHIRAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!