sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Memerah ASI dengan Tangan, Pandangi Foto Si Kecil agar Lebih Lancar Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 27 Jun 2022 07:10 WIB
Young beautiful woman is breastfeeding a little baby in a cozy room. On the table there is a white Cup and a green plant. On the wall hang a white empty picture frames. No images of nudity caption

Jakarta - Memompa ASI manual selama ini memang tak menjadi pilihan utama banyak busui. Padahal, cara memompa ASI manual juga bisa diandalkan karena kepraktisannya lho, Bunda.

Cara memompa ASI manual merupakan teknik yang simpel karena Bunda dapat melakukannya tanpa bantuan alat apa pun dan hanya mengandalkan tangan. Keterampilan ini juga mudah dipelajari ketika Bunda mulai menyusui sehingga dapat dilakukan kapan dan di mana.

Memang, seiring perkembangan zaman,  berbagai tawaran model pompa ASI berseliweran ya, Bunda. Cara memompa ASI manual pun banyak ditinggalkan karena banyak busui merasa lebih simpel menggunakan bantuan pompa ASI.


Tetapi, enggak ada salahnya juga kok, Bunda sesekali mencoba memompa ASI manual dengan bantuan tangan. Apalagi, teknik ini sangat bermanfaat saat keadaan tertentu. Misalnya, Bunda yang terbiasa menggunakan pompa ASI elektrik dan tidak mendapatkan sumber listrik atau mati lampu, Bunda dapat menggunakan cara memompa ASI manual sebagai alternatif.

Banner Ciri Anak Berpotensi CerdasCiri Anak Berpotensi Cerdas/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Kemudian Bunda juga dapat melakukan cara memompa ASI manual tepat sebelum menyusui saat Bunda dapat melunakkan sedikit payudara sehingga memudahkan bayi menyusu.

"Cara memompa ASI manual merupakan sebuah keterampilan. Sama halnya dengan keterampilan lainnya, mungkin perlu waktu untuk mempelajari cara melakukannya dengan benar," ujar Donna Murray, RN, BSN, seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Bagi Bunda menyusui yang ingin mempraktikkan cara memompa ASI manual, ada baiknya selalu menyediakan botol, cangkir, atau wadah penyimpanan untuk menampung ASI perah.

Kemudian, Bunda juga perlu melakukan beberapa tips berikut agar cara memompa ASI manual dapat berjalan lancar ya, Bunda:

1. Ambil posisi yang nyaman

Cobalah untuk rileks sebelum memompa ASI manual. Bunda dapat meletakkan handuk hangat di payudara atau memijat payudara dengan lembut selama beberapa menit untuk melancarkan ASI.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara memerah ASI dengan tangan.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMOMPA ASI MANUAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!