sign up SIGN UP search


menyusui

6 Tips Atasi Let Down Reflex Saat ASI Berlebih agar Bayi Enggak Gumoh & Tersedak

Annisa Karnesyia Jumat, 08 Oct 2021 18:00 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Refleks pengeluaran ASI atau let down reflex merupakan rangsangan yang bisa membuat aliran ASI lancar, Bunda. Munculnya refleks ini menandakan ASI siap keluar untuk diberikan ke anak.

Dilansir Healthline, refleks ini normal terjadi ketika saraf di payudara Bunda dirangsang. Kondisi ini biasanya terjadi saat bayi mengisap puting untuk menyusu.

Saat terjadi refleks pengeluaran ASI, hormon-hormon menyusui akan dilepaskan ke aliran darah. Hormon prolaktin berfungsi untuk merangsang produksi ASI, sedangkan hormon oksitosin bisa mengontrol payudara untuk mengeluarkan ASI.


Ketersediaan ASI bisa berbeda pada setiap Bunda. Beberapa bayi mudah mengisap ASI, sementara yang lain mungkin akan mengalami kesulitan.

Banner Pesan Novel Baswedan untuk IstriNovel Baswedan/ Foto: HaiBunda/Mia

Menurut konselor laktasi, F.B. Monika, refleks pengeluaran ASI bisa terjadi tanpa disadari, seperti saat Bunda mendengar, melihat, atau bahkan hanya memikirkan bayinya. Selain itu, refleks ini bisa juga muncul karena terpicu dengan sentuhan di area payudara dan puting saat memerah dengan tangan atau alat pompa ASI.

"Para ibu merasakan hal berbeda ketika refleks pengeluaran ASI terjadi, seperti payudara terasa geli atau kesemutan, terasa tertekan yang kadang disertai nyeri, terasa penuh, muncul rasa haus, ASI menetes dari payudara yang tidak diisap bayi atau dipompa, hingga saat terjadi kontraksi rahim pasca melahirkan," kata Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.

Refleks ini bisa terjadi lebih dari sekali dalam satu sesi menyusui, Bunda. Biasanya, Bunda akan merasakan refleks ini di awal menyusui.

Refleks pengeluaran ASI termasuk kondisi normal. Namun, refleks ini bisa menjadi sangat kuat selama proses menyusui.

Let down reflex yang sangat kuat kerap dikaitkan dengan derasnya aliran ASI hingga suplai yang berlebih. Bayi bisa terpengaruh saat refleks ini muncul lho. Apa saja tandanya dan bagaimana cara mengatasi refleks pengeluaran ASI karena suplai berlebih?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 5 tips menyapih Si Kecil tanpa drama, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS ATAS LET DOWN REFLEX KARENA ASI BERLEBIH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!