sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Vitamin D untuk Busui, Bisa Cegah Bayi Alami Kelainan Bentuk Tulang

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 12 Oct 2021 08:50 WIB
Happy woman giving breast milk to her newborn baby while sitting in living room stock photo caption

Jakarta - Tahukah Bunda, vitamin D bermanfaat penting untuk ibu menyusui. Tak hanya untuk menopang kesehatan Bunda saja, karena bagus juga bayi yang sedang disusuinya.

Vitamin D diketahui membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor dari makanan. Selain itu,  kecukupan vitamin D juga penting untuk menunjang perkembangan tulang Bunda.

Ketika Bunda memenuhi kebutuhan vitamin D selama menyusui dengan baik, otomatis melindungi kesehatan Si Kecil lewat ASI. Perlu Bunda tahu nih, bayi juga membutuhkan vitamin D yang didapatkan dari ASI yang dikonsumsinya.


American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan semua anak, termasuk bayi mendapatkan 400 IU vitamin D perhari. Selain didapat dari ASI, Bunda menyusui bisa mencukupi kebutuhan vitamin D Si Kecil dari sinar matahari dan suplemen tetes vitamin D segera setelah lahir.

Banner Wanita RI jadi Buruh di SwediaWanita RI jadi Buruh di Swedia/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Hal ini penting untuk diperhatikan ya, Bunda, karena anak-anak yang sangat kekurangan vitamin D dapat berisiko mengalami rakhitis, gangguan di mana tulang melemah yang nantinya dapat menyebabkan patah tulang dan kelainan bentuk tulang.

"Sebelum 2008, AAP merekomendasikan anak-anak dan bayi menerima 200 IU vitamin D per hari. Tetapi berdasarkan rekomendasi lama, kasus rakhitis masih muncul, dan penelitian menemukan bahwa anak yang tidak mendapatkan cukup vitamin D. Sehingga, AAP memutuskan menggandakan rekomendasinya,"ujar Dr Joyce Lee, ahli endokrinologi anak di University of Michigan, seperti dikutip dari laman Live Science.

Ya, vitamin D memang diperlukan untuk mendukung perkembangan tulang yang sehat dan mencegah rakhitis, suatu kondisi yang menyebabkan tulang lemah atau cacat. Rakhitis dan defisiensi vitamin D pada bayi yang disusui jarang terjadi, tetapi dapat terjadi jika bayi tak menerima tambahan vitamin D dari makanan, suplemen vitamin D, atau paparan sinar matahari yang memadai, seperti dikutip dari laman CDC.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk melengkapi informasi mengenai vitamin D untuk ibu menyusui.

Selain kebutuhan Vitamin D, Bunda juga cukupi kebutuhan Vitamin A pada anak. Simak penjelasannya melalui video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PENTING DIPENUHI! MANFAAT VITAMIN D IBU MENYUSUI YANG TAK BISA DIANGGAP SEPELE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!