sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Mencairkan ASI Beku agar Kualitas Tetap Terjaga

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 21 Oct 2021 10:01 WIB
breast milk in plastic bags on refrigerator shelf, frozen mother milk  for infant, breastfeeding caption

Memberikan ASI perah kepada Si Kecil perlu memperhatikan tata cara yang benar ya, Bunda. Termasuk di antaranya cara mencairkan ASI beku yang terkadang bikin enggak sabar.

Nah, biasanya nih, kalau sudah terburu-buru, tak sedikit Bunda yang main rebus saja ASI beku di air mendidih. Padahal, perlakuan tersebut justru membuat gizi dalam ASI rusak.

Tentu Bunda enggak mau dong, ya, memberikan ASI yang berkualitas buruk untuk buah hati. Karenanya, pastikan cara mencairkan ASI beku yang Bunda lakukan benar terlebih dahulu.


"ASI beku yang sudah dicairkan dan tidak dihabiskan dalam waktu dua jam oleh bayi harus segera dibuang," ujar Nicole Drury, La Leche League leader di Northampton, Massachussetts, seperti dikutip dari laman Forbes.

CDC sendiri merekomendasikan untuk tidak pernah membekukan kembali ASI yang telah dicairkan ya, Bunda. Sehingga, biarpun ASI beku telah dicairkan dan tidak dihabiskan, sebaiknya segera dibuang dan tidak diberikan pada bayi.

Melansir Very Well Family, berikut ini cara mencairkan ASI beku tanpa ribet yang bisa Bunda coba di rumah ya:

1. Gunakan stok terlama

Cara mencairkan ASI beku sebaiknya Bunda menggunakan stok paling awal yang ada di freezer. Sehingga, stok ASI yang tersisa selalu yang terbaru ya, Bunda.

2. Memasukkannya ke dalam lemari es

Bunda dapat menaruhnya dalam lemari es dan membiarkannya semalaman hingga cair. Kemudian, Bunda dapat mengeluarkannya dan merendamnya dalam mangkuk berisi air hangat sebelum diberikan pada Si Kecil. Cara ini memang terkesan lama dan membutuhkan kesabaran.

Oleh karena itu, Bunda menyusui perlu merencanakan kapan ASI akan digunakan sehingga Bunda dapat mengatur kapan ASI beku dicairkan ke lemari es sejak malam hari. Dengan begitu, esok harinya Bunda dapat dengan santai menggunakannya tanpa perlu ribet mencairkannya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



 

JANGAN PAKAI MICROWAVE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!