sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Tepat Menghangatkan ASI Perah Beku agar Tak Rusak Nutrisinya

Annisa Karnesyia Sabtu, 21 Nov 2020 14:01 WIB
ASI Perah caption
Jakarta -

Air susu ibu (ASI) mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan anak. Tak jarang ibu memiliki persediaan ASI perah untuk tetap memberikan yang terbaik untuk sang buah hati.

ASI perah umumnya dapat dibekukan atau didinginkan setelah diperah. Penyimpanannya harus tepat agar ASI tidak rusak saat disajikan.

"Simpan ASI dalam botol bersih, plastik, atau kantong khusus yang sudah disterilkan dan tertutup rapat," kata dokter anak umum, Elana Pearl Ben-Joseph, MD, dilansir Kids Health.


Waktu penyimpanan ASI berbeda di setiap tempat. Di suhu ruangan 25 derajat Celcius, ASI perah bisa bertahan hingga 6 sampai 8 jam. Sementara di kulkas dapat bertahan hingga 5 hari.

ASI perah yang dibekukan dalam freezer bisa bertahan lebih lama, Bunda. Pada suhu minus 20 derajat Celcius, ASI perah bertahan 6 hingga 12 bulan.

Nah, agar ASI perah enggak rusak kandungan nutrisnya, hindari melakukan lima hal berikut ya:

1. Menggunakan kantung plastik biasa atau botol susu disposable untuk wadah ASIP. Hal ini karena mudah bocor dan terkontaminasi.

2. Lupa memberi label pada wadah ASIP.

3. ASIP yang disimpan dalam kulkas bersentuhan dengan daging mentah atau sayuran.

4. Menggunakan microwave untuk mencairkan ASIP. Ini tak boleh dilakukan karena dapat merusak antibodi di dalam ASIP.

5. ASIP yang telah dikonsumsi disimpan kembali untuk pemberian selanjutnya. Ini tak boleh dilakukan karena ASIP sudah terkontaminasi.

Sedangkan, saat menyajikan ASI perah dari freezer akan berbeda dari tempat penyimpanan lain. Dikutip dari buku 101 Resep Hamil Sehat dan Bahagia oleh Wulan Mulya Pratiwi dan Dwi Arumantikawati, simak 5 cara memerah ASI perah di halaman selanjutnya.

Klik NEXT untuk ke halaman berikutnya.

Chow Yun Fat dan istri

Simak juga tutorial menggunakan bra elektrik untuk pumping ASI, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi