sign up SIGN UP search


menyusui

Tak Lagi Pegal, 4 Posisi Menyusui Ini Bikin Busui dan Si Kecil Nyaman

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 05 Nov 2021 12:09 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption

Jakarta - Saat melihat gambar seorang wanita menyusui, sepertinya tampak menyenangkan dan mudah ya Bunda? Namun, ternyata saat melakukannya sendiri ternyata tidak semudah yang dibayangkan ya. 

Mempraktikkan teknik menyusui dengan benar memang penting sekali saat menyusui. Biarpun tampak sepele, penerapan teknik ini dapat membantu Bunda dan bayi merasa nyaman serta ASI dapat mengalir dengan maksimal.

Pada awalnya, memang banyak Bunda yang merasa kesulitan melakukan teknik menyusui dengan benar, apalagi seorang ibu baru. Enggak apa-apa Bunda, itu wajar kok, apalagi pengalaman pertama sebagai ibu menyusui.


Yang terpenting, Bunda tetap mencoba terus menyusui dengan teknik yang benar dan yakinlah dengan sedikit kesabaran akan terwujud keberhasilan.

"Pertimbangkan untuk bertemu dengan konsultan laktasi jika Bunda merasa kesulitan. Bunda akan mendapatkan berbagai tips yang membantu. Ada baiknya untuk menemui konsultan laktasi sebelum Bunda melahirkan nantinya sudah tahu siapa yang harus dihubungi ketika memiliki masalah saat menyusui," ujar Dee Kassing, IBCLC, seorang konsultan laktasi di St Lous, Missouri seperti dikutip dari laman Parents.

Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021/ Foto: HaiBunda/Mia

Sering kali, menerapkan teknik menyusui yang benar memang tidak semudah yang dilihat. Tetapi, Bunda jangan menyerah begitu saja karena latihan dari hari ke hari dengan kesabaran akan membuahkan hasil.

Untuk membantu terciptanya teknik menyusui yang benar, Bunda perlu memastikan perut bayi menyentuh perut Bunda sehingga mereka tidak perlu memutar kepalanya. Serta, arahkan puting payudara ke hidung bayi dan bukan ke mulutnya sehingga bayi tidak akan mengangkat kepalanya dan membuka mulutnya lebar-lebar.

Berikut ini beberapa posisi menyusui agar mendapatkan teknik menyusui yang benar yang dapat membantu Bunda dan Si Kecil lebih nyaman saat menyusui:

1. The cradle hold

Ini merupakan posisi klasik dengan bayi berbaring miring dengan perut menempel pada perut dan kepalanya bersandar di lekukan lengan. Jika Bunda menyusui di payudara kanan, lengan kanan akan menggendong sementara tangan kiri menopang payudara.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 5 alternatif posisi menyusui bayi di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



4 PANDUAN TEKNIK MENYUSUI YANG BENAR TANPA BIKIN TANGAN PEGAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!