sign up SIGN UP search


menyusui

Kenapa ya Bunda Jadi Sering Ikut Tertidur saat Menyusui Bayi? Ini Alasannya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 30 May 2022 07:10 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. caption

Jakarta - Sadarkah saat menjalani masa menyusui, Bunda menjadi lebih mudah tertidur. Misalkan saja saat sedang menyusui Si Kecil dengan berbaring, biasanya Bunda jadi ikut tidur deh. 

Tertidur saat menyusui menjadi kebahagiaan tersendiri rasanya bagi Bunda yang menyusui. Apalagi, kelelahan sebagai busui tak ditampik menguras energi dan membuat busui lebih cepat lelah. 

Melansir Happiestbaby, sebuah penelitian terhadap lebih dari 2.000 ibu mengungkapkan bahwa 72 persen dari mereka yang menyusui di tempat tidur ikut terlelap dengan bayi. Dan, 44 persen tertidur saat menyusui di sofa atau kursi malas. 


Dalam penelitian memang menunjukkan bahwa kebanyakan ibu baru memang mengalami kurang tidur. Dan, ketika kelelahan mendera tentunya mencuri waktu tidur terutama saat menyusui sulit terhindarkan.

"Selain perasaan nyaman saat menyusui, menyusui juga dapat melepaskan oksitosin di otak. Pelepasan oksitosin ini dapat menyebabkan perasaan rileks dan mengantuk," ujar Dr Harvey Karp.

Banner Tips Anak Cerdas Seperti Maudy AyundaTips Anak Cerdas Seperti Maudy Ayunda/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Tak mengherankan bila banyak Bunda menyusui yang terlelap saat menyusui buah hatinya. Apalagi, saat menyusui di jam-jam rawan seperti siang dan malam hari. Tentu saja rasa kantuk yang tinggi membuat mata sulit terbuka. Sehingga, ikut tertidur pun sulit terelakkan.

Seperti diketahui, bayi baru lahir perlu menyusu setiap 2-3 jam sekali. Artinya, karena durasi tidur mereka yang pendek, ibu baru cenderung kurang tidur. Oleh karena itu, busui pun kerap mudah tertidur terutama saat menyusui.

Para ahli tidur sepakat bahwa orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur per malam untuk mendukung fungsi tubuh dengan baik. Bayi baru lahir, tidur sekitar 16-20 jam dalam siklus 24 jam, tetapi tidur ini terganggu dengan bangun setiap 20 menit hingga beberapa jam sehingga hampir tidak mungkin bagi ibu baru untuk mendapatkan tidur 7-9 jam tanpa gangguan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tanda ibu menyusui alami dehidrasi, sebaiknya tak disepelekan ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



ALASAN BUNDA MENYUSUI LEBIH MUDAH TIDUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!