sign up SIGN UP search


menyusui

4 Solusi Hadapi Bayi Menggigit Puting Saat Disusui, Hindari Berteriak Bun

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 07 Oct 2021 16:54 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Kebiasaan bayi menggigit puting saat menyusu tentu membuat Bunda merasa enggak nyaman ya. Apalagi kalau ia melakukannya berulang kali dan terlihat sangat senang melakukannya. Duh, pasti rasanya enggak tahan juga karena nyerinya ampun-ampunan ya, Bunda. 

Bayi menggigit puting saat menyusu memang terasa menyakitkan. Tetapi, sesakit apa pun itu, menyudahi alias menyapih lebih dini bukan pilihan terbaik. Ada alasannya lho, Bunda, kenapa bayi menggigit puting saat disusui.

"Tumbuh gigi bisa jadi penyebabnya," ujar Carole Kramer Arsenault, seorang konsultan laktasi seperti dikutip dari laman The Bump.


Ditambahkan Arsenault bahwa tindakan bayi menggigit puting harusnya bersifat sementara, terutama jika bayi telah menyusu secara efektif hingga saat ini. Nah, yang perlu Bunda lakukan ialah mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya. Apa saja ya kira-kira?

Penyebab bayi menggigit puting saat menyusu

1. Tumbuh gigi

Tumbuh gigi menjadi penyebab bayi menggigit puting. Bunda dapat menawarkan bayi sesuatu yang dingin untuk digigit sebelum menyusu untuk membantu menenangkan gusinya yang teriritasi.

2. Suplai ASI menurun

Selain itu, alasan bayi menggigit puting lainnya yakni karena suplai ASI rendah, penggunaan puting susu buatan, dan hidung tersumbat. Biasanya, faktor tersebut memicu bayi mengigit puting di mana mereka akan melakukannya di akhir sesi menyusui.

Nah, jika hal tersebut Bunda alami, ada baiknya segera lepaskan bayi dari payudara segera setelah mereka selesai menyusui atau ketika Bunda melihat buah hati mulai melambat ketika mengisap payudara. 

Sementara untuk bayi yang lebih besar, Bunda dapat mengajaknya mengobrol. Bunda juga dapat meletakkan bayi sambil mengatakan 'Jangan menyusu sampai kamu berhenti menggigit'. Jika mereka masih tetap melakukan, letakkan mereka di lantai kembali agar tidak mengulanginya.

3. Pelekatan menyusui salah

Melansir dari laman Nct, selain tumbuh gigi dan pasokan ASI yang sedikit, alasan bayi menggigit puting dikarenakan cara mereka menempel pada payudara tidak pada posisi yang benar. Ketika gigi mereka menekan ke dalam payudara terlalu dalam maka akan menyebabkan rasa sakit  muncul, meskipun bayi tidak benar-benar menggigit. 

Tetapi Bunda tidak perlu khawatir, karena masalah tersebut akan teratasi dengan sendirinya ketika bayi belajar bagaimana menahan lidah mereka dengan cara mengakomodasi gigi baru mereka.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk mengetahui cara mengatasi bayi menggigit puting.

Simak juga ya penyebab mastitis bisa terjadi berulang kali dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



POSISI YANG SALAH BISA MEMANCING BAYI MENGGIGIT PUTING
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!