sign up SIGN UP search


menyusui

Vaksin Apakah yang Paling Efektif Lindungi Busui dan Si Kecil dari COVID-19?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 22 Nov 2021 13:01 WIB
Practitioner vaccinating woman patient in clinic. Doctor giving injection to adult woman at hospital. Nurse holding syringe and inject Covid-19 or coronavirus vaccine.Injection covid vaccine concept. Ilustrasi vaksin/Foto: Getty Images/iStockphoto/Worayuth Kamonsuwan

Jakarta - Bunda, walaupun kini program vaksinasi COVID-19 masih terus digalakkan dan telah diikuti masyarakat seluruh dunia. Nyatanya, masih banyak ibu hamil dan menyusui yang merasa ragu, maju mundur untuk divaksinasi.

Belum lagi kebingungan dalam memilih jenis vaksin yang dirasa paling aman. Dari semua jenis vaksin COVID-19, sebenarnya yang manakah yang paling ideal untuk ibu menyusui? Apakah benar vaksin Pfizer tergolong yang paling aman?   

Jika Bunda terinfeksi COVID-19 saat masa menyusui, bayi Bunda mungkin bisa terpapar juga melalui kontak langsung dan tak langsung. Namun, belum ada laporan yang menunjukkan bahwa COVID-19 mampu ditularkan dari Bunda ke bayi melalui ASI.


Artinya, ibu yang mengidap COVID-19 dapat terus memberikan ASI kepada bayinya dengan menyusui langsung maupun dengan memompa ASI untuk diberikan melalui botol. Namun, yang perlu diingat, Bunda harus terus memperhatikan protokol kesehatan selama menyusui dengan mencuci tangan dan memakai masker pada saat merawat bayi.

Banner Ricky Soebagdja dan istriBanner Ricky Soebagdja dan istri/ Foto: HaiBunda/Mia

Selain itu, hal terpenting yang perlu didapatkan juga saat ini yakni vaksinasi ya, Bunda. Mendapatkan vaksinasi selama kehamilan atau selama periode postpartum dapat membantu melindungi Bunda dan bayi setelah lahir. Bahkan, ada penelitian yang menemukan bahwa antibodi dari vaksin di tubuh Bunda dapat diturunkan ke tubuh Si Kecil melalui ASI lho.

Terkait dengan vaksin sendiri, memang bisa membuat para busui bingung untuk memilih. Sebab, pastinya Bunda menginginkan vaksin yang paling aman bagi dirinya dan juga bayinya.

Sebagai informasi vaksin Pfizer untuk ibu menyusui sepenuhnya disetujui oleh The Food and Drug Administration (FDA) untuk anak berusia 16 tahun ke atas (anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun yang dapat menerima vaksin ini melalui izin penggunaan darurat). Vaksin Moderna dan Johnson&Johnson juga memiliki izin penggunaan darurat dari FDA untuk manfaat yang sama.

Semua vaksin itu memberikan instruksi kepada tubuh yang membantu sistem kekebalan memblokir virus COVID-19, termasuk vaksin Pfizer untuk ibu menyusui sebanyak dua dosis. 

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Saksikan pula video tentang 4 cara atasi stres akibat COVID-19 pada ibu menyusui di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



APAKAH VAKSIN PFIZER AMAN UNTUK IBU MENYUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!