sign up SIGN UP search


menyusui

Perhatikan ya Bun, Ini Dos & Don'ts Menyusui Si Kecil di Masa Pandemi

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 04 Sep 2021 10:19 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption

Jakarta - Pandemi COVID-19 memang membuat kita semua harus beradaptasi dengan berbagai perubahan dalam melakukan rutinitas harian. Bukan saja soal protokol kesehatan saat di luar rumah ya, Bunda, tetapi juga soal apa yang harus dilakukan dan dihindari (dos and dont's) saat menyusui.

Biasanya nih, sebelumnya Bunda mungkin bisa bebas menyusui Si Kecil di mana pun. Bila sedang di luar ruangan, Bunda hanya butuh apron sebagai penutup menyusui. Selebihnya, Bunda dapat dengan bebas menyusui Si Kecil.

Nah, sekarang beda cerita ya, Bunda. Menyusui si kecil malah terasa jadi ribet karena beberapa prokes yang perlu diterapkan. Namun, tentu saja hal itu penting dilakukan guna melindungi kesehatan Bunda dan sang buah hati.


Dr Arockia Virgia Fernando mengatakan virus COVID-19 tidak menyebar saat proses melahirkan, tidak ada penularan virus vertikal seperti HIV. Satu-satunya potensi menginfeksi anak ialah melalui udara pascapersalinan dari ibu atau staf perawatan kesehatan.

Bahkan, jika ibu sedang dalam perawatan COVID-19, mereka tetap dapat memberikan ASI untuk bayinya dengan mengikuti tindakan pencegahan tertentu sehingga bayi tetap terproteksi.

"Segera setelah lahir, bayi harus mendapatkan beberapa tetes ASI setelah diselimuti dengan baik dengan ibu menyusui memakai alat pelindung. Barulah setelahnya bayi dipisahkan dari ibunya," ujarnya seperti dikutip dari laman Indianexpress.

Ditambahkan Dr Arockia, ASI dibutuhkan bayi untuk membangun sistem kekebalan tubuh selama tiga hari pertama hidupnya karena ASI pertama memiliki kolostrum di dalamnya. 

Karena itu, disarankan, agar ibu yang positif COVID-19 memakai alat pelindung dan tetap menyusui sesuai permintaan bayi. 

Banner resep Rp200 ribu

Bunda juga sebaiknya menyusui dari kedua payudara secara seimbang, bisa menggunakan kursi makan untuk menyangga punggung dan batal menyusui untuk menghindari ketegangan pada tangan. 

Serta, perhatikan posisi menyusui yang membuat Bunda nyaman. Entah dalam posisi duduk atau berbaring semuanya bisa dilakukan. Bunda dapat menyesuaikan dengan kenyamanan. Jangan lupa, beri jarak antara Bunda dan Si Kecil agar tetap aman. 

Bukan hanya Bunda, Ayah dan anggota keluarga lain juga harus tetap berhati-hati dalam merawat bayi dengan memperhatikan protokol kesehatan. Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



WAJIB DIPAHAMI, BUN! DOS & DON'TS MENYUSUI DI MASA PANDEMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!