sign up SIGN UP search


menyusui

Antibodi dari ASI Bunda yang Sudah Divaksin Mampu Bertahan hingga 10 Bulan Lho

Ummu Kultsum Roihaanah   |   Haibunda Minggu, 31 Oct 2021 17:10 WIB
ASI dari Bunda yang telah divaksin ternyata mengandung antibodi yang melindungi bayi dari virus. Antibodi itu bahkan mampu bertahan dalam ASI hingga 10 bulan. caption

Jakarta - Di masa pandemi COVID-19 saat ini, Bunda tentu memiliki banyak kekhawatiran mengenai kesehatan maupun keselamatan Si Kecil, terutama bagi para Bunda yang saat ini masih dalam masa menyusui.

Untuk itu, agar Bunda dan Si Kecil selalu terlindungi dari virus COVID-19 yang hingga kini masih mewabah, Bunda perlu mendapatkan vaksin COVID-19. Namun, apakah vaksin COVID-19 ini terbilang aman untuk ibu menyusui dan Si Kecil?

Melansir dari laman Pusat Pengendalian dan Pengawasan Penyakit AS (CDC), laporan terbaru menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 tidak dianggap berisiko bagi ibu menyusui dan bayi alias aman Bunda. 


CDC juga mengatakan ibu menyusui yang telah menerima vaksin mRNA COVID-19 memiliki antibodi dalam ASI mereka yang dapat membantu melindungi bayi.

The American Journal of Obstetrics and Gynecology juga telah melakukan percobaan kepada 131 wanita yang menerima vaksin Pfizer atau Moderna. Sebanyak 84 wanita di antaranya sedang hamil, 31 menyusui, dan 16 wanita tidak sedang hamil.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa antibodi yang terbentuk pada wanita hamil dan menyusui sama dengan wanita yang tidak sedang hamil. 

Tidak hanya itu, Deede Franke seorang perawat dan konsultan laktasi di Mercy Hospital juga membagikan penelitian terbaru tentang bagaimana ibu menyusui dapat memberikan antibodi COVID-19 setelah vaksin kepada bayinya.

"Ibu yang pernah mengalami infeksi COVID-19 atau yang pernah divaksinasi dapat memberikan antibodi ke bayi melalui ASI," kata Deede.

Banner Cara Atasi WC mampetBanner Cara Atasi WC mampet/ Foto: HaiBunda/Mia

Lebih lanjut, Deede mengungkapkan ibu menyusui baru dapat menularkan kekebalan tubuh mereka kepada bayi mereka sekitar 6 - 10 bulan setelah membangun antibodi melalui vaksinasi COVID-19.

"Ketika bayi lahir, mereka memiliki sistem kekebalan yang sangat belum matang atau belum berkembang," kata Deede ketika berbicara tentang mengapa ibu baru dapat menyalurkan antibodi COVID-19 melalui menyusui. 

"ASI memberikan nutrisi dan juga memberikan antibodi yang menyehatkan saluran pernapasan dan pencernaan bayi sehingga bayi tidak mudah terpapar virus," lanjutnya.

Tidak hanya dapat menyalurkan antibodi kepada Si Kecil, ASI dari Bunda yang telah divaksin COVID-19 juga terbukti tidak menyebabkan infeksi, termasuk Bunda atau bayi. 

Simak juga yuk video tentang efek samping pascavaksin COVID-19 pada ibu menyusui di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



4 TIPS AMAN MENYUSUI DI MASA PANDEMI COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!