sign up SIGN UP search


menyusui

Simak Penjelasan Mengapa Vaksin Pfizer Aman untuk Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 26 Nov 2021 17:11 WIB
Practitioner vaccinating woman patient in clinic. Doctor giving injection to adult woman at hospital. Nurse holding syringe and inject Covid-19 or coronavirus vaccine.Injection covid vaccine concept. Ilustrasi vaksinasi ibu menyusui/Foto: Getty Images/iStockphoto/Chaay_Tee

Jakarta - Vaksin COVID-19 adalah jenis vaksin yang dikembangkan untuk meningkatkan imun tubuh terhadap virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19. Semua orang direkomendasikan untuk menerima vaksin ini, termasuk ibu menyusui 

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati itu memang benar adanya ya, Bunda. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Mendapatkan vaksin COVID-19 merupakan bentuk preventif sangatlah penting. Ya, seperti yang diketahui bahwa vaksin dapat melindungi seseorang dan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh sakit parah. 

Selain itu, divaksinasi juga artinya Bunda cenderung tidak menularkan virus ke orang lain. Dan, dapat membantu melindungi semua anggota keluarga dari risiko COVID-19 khususnya yang di dalam keluarga besar dimana kerap menghabiskan waktu bersama.


Jika tertular COVID-19, sangat mungkin Bunda menjadi sangat tidak sehat, apalagi kalau sedang hamil atau menyusui. Jika tidak divaksinasi, berisiko mendapatkan perawatan intensif. Nah, daripada mengalami risiko tersebut tentu saja lebih baik mendapatkan vaksin kan, Bunda?

Ya, vaksinasi memang menjadi bagian penting dari kesehatan Bunda dan juga Si Kecil. Karenaitu, baik ibu hamil dan ibu menyusui disarankan untuk mengambil vaksin COVID-19 sesegera mungkin. Seperti halnya ibu hamil, ibu menyusui dikeluarkan dari uji coba vaksin COVID-19, yang berarti data keamanan klinis masih terbatas untuk kelompok ini, seperti dikutip dari laman Abcnet.

Namun, bukti dunia nyata dan semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 aman dan efektif untuk ibu menyusui dan buah hatinya. 

"Peneliti telah memantau apa yang terjadi dengan ibu hamil dan ibu menyusui, dan tidak ada kekhawatiran dalam hal peningkatan komplikasi atau efek samping," kata Karleen Gribble, asisten profesor di Western Sydney University.

Banner Wanita Pontianak Nikahi BuleBanner Wanita Pontianak Nikahi Bule/ Foto: haibunda.com/Wishfa Hafshah

Dr Gribble menambahkan bahwa tidak ada masalah keamanan teoritis berdasarkan apa yang diketahui tentang vaksin serupa. Serta, bahwa vaksin COVID- 19 tidak dianggap menimbulkan risiko apa pun bagi ibu menyusui atau bayinya.

Di Australia, ibu menyusui direkomendasikan menggunakan vaksin Pfizer. Busui pun disarankan untuk tidak berhenti menyusui sebelum atau setelah vaksinasi. Tidak seperti halnya kehamilan, menyusui tampaknya tidak meningkatkan risiko penyakit parah akibat COVID-19. Namun, vaksinasi mengurangi risiko ibu menyusui tertular sakit COVID-19 dan menyebarkan virus ke orang lain.

Dalam hal efek samping, beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa ibu menyusui memiliki pengalaman serupa setelah vaksin mRNA COVID-19 seperti dari suntikan vaksin Pfizer.  Ibu menyusui juga tak perlu khawatir karena tidak ada bukti bahwa vaksin COVID-19 dapat ditularkan melalui ASI.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang panduan menyusui saat Bunda terinfeksi COVID-19 di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



ALASAN PENTINGNYA MENGAMBIL VAKSIN PFIZER UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!