sign up SIGN UP search


menyusui

10 Obat Alami untuk Atasi Payudara Sakit Saat Menyusui, ASI hingga Es Batu

Erni Meilina Jumat, 27 Nov 2020 15:11 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. caption

Jika Bunda baru saja melahirkan, tentunya menyusui si kecil untuk pertama kali jadi momen yang paling ditunggu-tunggu ya.

Namun, mungkin Bunda akan terkejut ketika pertama kali menyusui pertama kali akan merasakan nyeri pada puting payudara. Bahkan, ada beberapa yang mengalami bengkak, sakit, dan rasa tidak nyaman saat lidah si kecil menyentuh puting payudara. 

Hal ini kemungkinan disebabkan karena posisi bayi yang salah saat menyusui. Pembengkakan dan nyeri pada payudara saat masa menyusui dialami oleh beberapa Bunda. Maka dari itu, dr. Laura Flynn McCarthy memberi saran untuk Bunda.


“Ketika payudara Anda terlalu penuh, pompa sedikit atau mandi air panas untuk merangsangnya," ujar Mc Carthy dilansir Parenting Firstcry.

Selain posisi bayi yang menyebabkan payudara sakit, di bawah ini ada penyebab lain yang mengakibatkan payudara Bunda membengkak dan nyeri yang sebaiknya Bunda waspadai.  

Penyebab paling umum dari puting yang sakit adalah mulut bayi yang salah menempel pada puting Bunda. Gesekan akibatnya bisa menyebabkan puting kering dan pecah-pecah. Beberapa bayi dapat menyusu dengan kuat dan menyebabkan nyeri pada puting.

Setelah melahirkan, payudara Bunda akan membengkak karena ASI. Meskipun suplai mengendap seiring waktu, payudara yang lebih berat dapat menyebabkan nyeri, serta puting pecah-pecah. Beberapa bayi yang lidahnya terikat juga dapat mempersulit menyusui. Dalam kasus yang jarang terjadi, puting yang sakit juga dapat disebabkan oleh penyebab serius seperti kanker payudara atau infeksi. Bunda dapat segera berkonsultasi ke profesional jika Bunda merasa cemas.

Beberapa orang menganggap nyeri pada puting adalah hal yang normal selama menyusui dan akan hilang dengan sendirinya. Ternyata itu hanya mitos, lho. Pada kenyataannya, jika Bunda memiliki kondisi serupa, Bunda harus mengunjungi konsultan laktasi profesional yang akan memberi Bunda krim atau salep untuk mengobati puting yang sakit.

Bunda juga tidak perlu khawatir atau pun cemas karena ada 10 daftar obat alami yang digunakan untuk mengobati pembengkakan dan rasa nyeri pada payudara. Apa saja daftarnya? Buka di halaman selanjutnya ya. Klik NEXT dulu ya!

Simak juga cara menyusui yang benar sesuai saran dokter, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Elon Musk
10 Obat Alami untuk Payudara yang Sakit Saat Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi