sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Mudah Gunakan Kol atau Kubis untuk Atasi dan Redakan Nyeri Payudara Bengkak

Melly Febrida   |   Haibunda Rabu, 06 Jul 2022 11:05 WIB
Daun Kubis caption
Jakarta -

Sebelumnya, ibu menyusui pasti pernah mendengar manfaat kol atau kubis untuk mengatasi payudara yang bengkak. Ya, kol atau kubis dingin memang bisa dimanfaatkan untuk meredakan payudara busui yang bengkak serta mengurangi nyerinya.

Saat pertama kali mendengarnya, Bunda tentu merasa bingung. Bagaimana cara menggunakan kol untuk mengatasi payudara bengkak?Yuk kita simak penjelasannya berikut ini. 

Meredith Shur, MD, FACOG, dokter spesialis kebidanan dan ginekologi bersertifikat mengatakan banyak busui yang meyakini dengan meletakkan kol dingin di payudara dapat mengurangi peradangan yang terjadi selama menyusui.


Selain itu, kol ini juga bermanfaat jika Bunda sedang menyapih atau ingin mengeringkan ASI karena daun kol dapat menyebabkan suplai ASI menjadi rendah.

Cara menggunakan kol untuk redakan payudara bengkak

1. Simpan kol di kulkas

Shur mengatakan, sebelum busui menggunakan kol untuk mengurangi payudara bengkak, coba dinginkan terlebih dahulu. Jadi busui meletakkan kol di lemari es. 

"Anda bisa menggunakan kol hijau atau merah, tapi kol merah kemungkinan besar akan meninggalkan noda atau mengubah warna bra menyusui serta pakaian menyusui Anda," kata Shur dilansir Verywell Family.

2. Kupas bagian luar kol

Setelah kol dingin, keluarkan kol dari kulkas. Kupas lapisan luar daunnya, dan buang. Ambil dua daun bagian dalam dan masukkan kembali kepala kubis ke dalam lemari es. Jadi masih ada kol yang siap digunakan jika busui membutuhkannya lagi.

3. Bilas kol terlebih dulu

Namun sebelum meletakkannya di payudara, bilas kol untuk memastikan bersih dan bebas dari kotoran, pestisida, dan residu. Lalu, buang kelebihan air dari daun dengan menepuknya handuk bersih dengan lembut.

4. Letakkan kol di payudara

Meletakkan kol di payudara sama caranya jika busui mengompres dengan air dingin. Kol ini jangan menutupi puting, usahakan kulit di sekitar puting tetap kering. 

Busui juga bisa mengenakan bra agar daun tetap di tempatnya. Jika busui khawatir akan bocor, letakkan bantalan payudara yang bersih dan kering di atas puting di atas daun kubis untuk menyerap ASI.

Berapa lama busui perlu mengompres payudaranya dengan kol? Menurut Shur lakukan selama kurang lebih 20 menit atau sampai terasa hangat. Kemudian, lepaskan dari payudara.

"Buang daun yang layu dan gunakan yang segar di lain waktu. Ulangi proses ini sampai Anda mulai merasa lega dan merasa lebih baik," ujar Shur.

Setelah payudara terasa lebih baik, dan pembengkakan berkurang, hentikan penggunaan kol di payudara.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu lebih dalam bagaimana cara kol dingin bisa meredakan payudara bengkak.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang langkah gunakan kubis untuk atasi payudara bengkak.

[Gambas:Video Haibunda]



KEHEBATAN KOL UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!