sign up SIGN UP search


menyusui

5 Camilan Lezat untuk Busui Ini Bantu Bayi Cepat Gemuk Bun!

Ummu Kultsum Roihaanah Minggu, 21 Nov 2021 16:40 WIB
Bukan hanya enak untuk dilahap Bunda menyusui, lima camilan berikut ini juga  bisa membuat Si Kecil cepat gemuk lho. Apa saja 5 camilan itu? Simak di sini, yuk. Ilustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

Jakarta - Saat menyusui, apakah Bunda sering kali mengalami kesulitan untuk menaikkan berat badan Si Kecil? Jika iya, permasalahan tersebut tentu menjadi hal yang sangat membingungkan ya. Bahkan tak jarang, kondisi ini mampu mendatangkan rasa cemas dan stres yang berlebih pada Bunda. 

Lalu sebenarnya, apakah ada cara yang bisa Bunda selama menyusui lakukan untuk dapat menaikkan berat badan bayi? Tenang saja Bunda, permasalahan ini dapat diatasi dengan mudah kok. 

Melansir Mayo Clinic, hal utama yang perlu dipahami yaitu bila Bunda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan baik mengandung 330 - 400 kalori tambahan per hari, secara tidak langsung ASI Bunda juga mengandung nutrisi dan energi yang cukup. Asupan itu pun secara perlahan bisa membantu pertambahan berat badan bayi dengan baik. 


Tetapi, apabila Bunda tidak memiliki energi dan nutrisi yang cukup serta diperlukan, hal tersebut dapat menyebabkan malanutrisi, sehingga ini akan berdampak pada kualitas ASI yang diberikan kepada Si Kecil.

Jika Bunda menyusui mengalami malanutrisi, segera tingkatkan asupan makanan untuk dapat membantu memenuhi kebutuhan lain selama menyusui. Oleh karena itu, makanan tambahan atau camilan harus selalu tersedia untuk Bunda menyusui.

Banner pola makan rumahanBanner pola makan rumahan/ Foto: HaiBunda/Mia

Nah, agar asupan gizi harian memiliki nutrisi yang tinggi untuk ASI, Bunda dapat mengonsumsi beberapa camilan berikut ini, melansir dari laman Parents.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan seng serta vitamin K dan vitamin B. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber asam lemak esensial dan protein yang sehat. 

Di luar komposisi nutrisinya yang baik bagi tubuh, kacang-kacangan juga dianggap sebagai laktogenik di beberapa dunia lho Bunda. Hal inilah yang membuktikan bahwa kacang-kacangan merupakan makanan camilan yang dapat membantu Bunda untuk memproduksi ASI bernutrisi dan dapat membantu Si Kecil untuk menambah berat badannya.

2. Gandum

Gandum kaya akan serat yang dapat membuat rasa kenyang dalam tubuh bertahan lebih lama, Bunda. Tidak hanya untuk Bunda, serat pada gandum tersebut juga bisa membuat Si Kecil terasa kenyang melalui asupan ASI yang Bunda berikan.

Untuk tahu camilan lainnya, klik halaman berikutnya ya Bunda.

Simak pula video tentang pare yang bisa memperlancar ASI di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



ALPUKAT, SUSU, HINGGA YOGURT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!