sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Ketahui Manfaat dan Efek Samping Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 14 Nov 2021 13:35 WIB
Happy pregnant woman holding a glass of fresh milk and touching her belly with care by the window in bedroom caption

Jakarta - Tak sedikit ibu menyusui yang memilih mengonsumsi susu sapi untuk menunjang nutrisi tubuhnya selama menyusui. Padahal, selain susu sapi, Bunda bisa juga meminum susu kedelai untuk membantu melancarkan produksi ASI.

Sebagian besar ibu menyusui sedianya dapat mengonsumsi apa pun yang mereka sukai tanpa khawatir berpengaruh pada bayinya. Tetapi, Bunda juga perlu menyadari bahwa setiap bayi berbeda satu sama lain ya. Jika Bunda memperhatikan ada respons dari bayi akibat asupan yang Bunda konsumsi, sebaiknya segera membicarakannya dengan dokter ya, Bunda.

Nah, berbicara mengenai susu kedelai saat menyusui, kedelai sendiri merupakan salah satu protein yang lebih baik untuk ibu menyusui lho, Bunda. Hal ini berlaku saat Bunda mengonsumsinya dalam jumlah sedang. 


Susu kedelai sendiri biasanya menjadi alternatif saat Bunda ataupun bayi memiliki alergi terhadap susu sapi. Sehingga, Bunda lebih memilih susu kedelai sebagai pengganti yang lebih aman dan menjadi sumber protein berkualitas.

Menyoal kedelai sendiri nih, Bunda, kacang-kacangan yang satu ini mengandung senyawa yang dikenal sebagai isoflavon. Dalam jumlah kecil, isoflavon tidaklah berbahaya. Namun, dalam jumlah besar seperti ditemukan dalam susu kedelai, dapat mengganggu keseimbangan hormon yang sehat dan menyebabkan sejumlah kesehatan baik bagi wanita maupun pria yang mengonsumsinya.

Banner Ricky Soebagdja dan istriBanner Ricky Soebagdja dan istri/ Foto: HaiBunda/Mia

Di sisi lain, kedelai sendiri merupakan sayuran yang sangat padat nutrisi serta rendah lemak jenuh dan kolesterol. Ini juga merupakan sumber mineral dan antioksidan yang baik terutama untuk wanita. Fakta bahwa kedelai termasuk daftar makanan yang harus dibatasi dalam diet tak berarti bahwa kedelai harus benar-benar dihindari, seperti dikutip dari laman Newmomstuff.

Melansir Drlact, skor keamanan untuk kacang kedelai ialah 3 dari 8 yang dianggap berisiko rendah sesuai analisis yang dilakukan. Skor tersebut menunjukkan bahwa penggunaan kacang kedelai dapat menyebabkan beberapa efek samping ringan pada bayi yang disusui.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tentang bikin camilan anak dari susu kedelai yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



AMANKAH MENGAMBIL MANFAAT SUSU KEDELAI UNTUK IBU MENYUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!