sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Ini Bahaya Minum Rebusan Daun Sirih selama Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 09 Dec 2021 10:25 WIB
Young happy woman drinking coffee on the kitchen in the morning. caption

Jakarta - Khasiat daun sirih untuk berbagai kesehatan mungkin sudah banyak Bunda ketahui. Tetapi tahukah Bunda, katanya nih, ada juga manfaat rebusan daun sirih untuk ibu menyusui lho. 

Ya, para busui sering kali memanfaatkan rebusan daun sirih terutama setelah melahirkan. Tidak saja membantu pemulihan tetapi juga katanya dapat membantu menjaga kebugaran busui.

Ya, daun sirih merupakan daun yang sebenarnya secara ilmiah memiliki banyak manfaat ya, Bunda. Tidak saja dapat membantu mengobati keputihan, sebagai antiseptik dan antimikroba, tetapi juga dapat mendukung daya tahan tubuh, melindungi organ intim, mencegah gigi berlubang, dan menyegarkan mulut.


Namun, selain dari manfaat yang diberikan tersebut, ada juga yang memercayai bahwa air rebusan daun sirih juga dapat membantu ibu menyusui mempertahankan kesehatannya.

Menurut dr Amadeo D Basfiansa, ada yang mengatakan bahwa daun sirih dapat menyebabkan ibu hamil kekurangan asam folat yang dapat menyebabkan kelainan bawaan pada janin. Mengonsumsi daun sirih dikatakan dapat meningkatkan risiko kanker pada bumil, meski kedua efek samping tersebut masih perlu diteliti.

Sedangkan untuk kondisi busui, penelitiannya lebih jarang lagi dan untuk amannya sebaiknya memang tidak dikonsumsi terlebih dahulu ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Healthreplies.

Banner Pria Aceh dan Istri TurkiBanner Pria Aceh dan Istri Turki/ Foto: HaiBunda/Mia

"Saran kami, cobalah pikirkan kembali apa tujuan yang ingin dicapai dengan mengonsumsi rebusan daun sirih dan cobalah mencari alternatif lain dengan bertanya baik secara langsung ke dokter," katanya.

Bunda, WHO pun telah mengklasifikasikan tumbuhan daun sirih sebagai karsinogenik atau zat pemicu kanker. Maka itu, ada potensi ibu menyusui yang mengonsumsi daun sirih bisa mentransmisikan zat karsinogenik ke bayinya melalui ASI.

Memang ya, Bunda, selama menyusui, Bunda tidak dapat sembarangan mengonsumsi asupan. Karena, dikhawatirkan apa yang Bunda konsumsi memberikan efek pada ASI yang dikonsumsi buah hati.

Meskipun manfaat rebusan daun sirih untuk busui mungkin memang banyak dirasakan banyak busui di luar sana, tetapi memang ada baiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsinya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 4 sayuran yang bikin ASI banjir.

[Gambas:Video Haibunda]



BOLEHKAH MENGAMBIL MANFAAT REBUSAN DAUN SIRIH UNTUK BUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!