sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Boleh kok Mewarnai Rambut, Tapi Ada Beberapa Syaratnya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 29 Dec 2021 13:09 WIB
Blonde woman dyeing her hair at the salon. She is sitting and the hairdresser/hairstylist is putting hair color on her hair. This is regular hair care treatment in customers favorite salon. caption

Jakarta - Mewarnai rambut memang bisa menaikkan mood seseorang dengan cepat ya, Bunda. Sebab, tampilan baru yang lebih berwarna dan menyegarkan biasanya mampu mengubah suasana hati menjadi baik.

Mewarnai rambut pun bisa dilakukan siapa saja, perempuan atau laki-laki, tua maupun muda. Nah, tapi bagaimana dengan ibu menyusui nih. Bolehkah busui mewarnai rambut ya, Bunda?

Melansir Parenting First Cry, sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa pewarnaan rambut dapat memiliki efek negatif pada bayi. Bahan kimia yang digunakan dalam proses pewarnaan ringan dan tidak dapat diserap melalui folikel rambut.


Proses mewarnai rambut memang membutuhkan penggunaan bahan kimia yang tak sedikit. Karena itu, wajar saja jika para busui bertanya-tanya apakah bahan kimia akan memengaruhi bayi melalui ASI. Bunda pun tentunya tak ingin ASI yang diberikan ke bayi jadi terkontaminasi.

Namun, bahan kimia akan diserap dalam jumlah minimal ketika dioleskan ke kulit. Juga, beberapa produk meninggalkan aroma yang bisa berbahaya bagi ibu jika terhirup.

Jadi, jika diperlukan, busui dapat menggunakan produk yang tidak mengeluarkan aroma berbahaya dan memastikannya hanya dioleskan ke rambut dan bukan ke kulit kepala atau kulit.

Berikan perlindungan yang tepat untuk bahan kimia dengan asap dan cucilah kulit kepala segera setelah pewarna diterapkan. Karena itu, para busui pun disarankan untuk memanjakan diri setelah bayi disapih atau sudah mampu melahap makanan padat.

Banner Basic Skincare untuk Kulit GlowingBanner Basic Skincare untuk Kulit Glowing/ Foto: HaiBunda/Mia

Seperti diketahui, produk yang digunakan untuk merawat rambut terdiri dari bahan kimia yang bila dioleskan ke kulit dapat diserap ke dalam aliran darah tetapi dalam kadar yang sangat rendah. Juga, jika produk mengeluarkan asap berbahaya seperti amonia, busui dapat mengalami masalah kesehatan ringan jika dia menghirupnya.

Dengan menggunakan produk berkualitas baik dari merek terpercaya dapat menurunkan risiko kesehatan jika ada. Sementara itu, merek murah dengan banyak kandungan bahan kimia berbahaya dapat membahayakan baik sedang menyusui ataupun tidak.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak video tentang 8 manfaat menyusui untuk Bunda, mulai dari menurunkan berat badan hingga mencegah kanker.

[Gambas:Video Haibunda]



BOLEHKAH BUSUI MEWARNAI RAMBUT?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!