sign up SIGN UP search


menyusui

Rambut Rontok Parah Saat Menyusui? Coba 5 Langkah Mudah untuk Mengatasinya

Meita Fajriana Sabtu, 29 May 2021 13:15 WIB
Attractive Asian woman serious about her brush for presentation hair loss problem and looking at comb caption

Jakarta - Banyak Bunda yang mengalami rambut rontok pasca melahirkan. Tenang Bunda tidak sendiri, Bubun juga merasakan hal ya sama setelah 3-4 bulan melahirkan dulunya. Nah, keadaan rambut rontok pasca melahirkan ini ternyata normal loh Bunda. Hal ini dipengaruhi oleh hormon tubuh kita. 

Namun beberapa orang menghubungkannya sebagai efek dari menyusui. Mitos atau fakta ya Bunda opini ini? Kita akan bahas lebih detail dari ahlinya ya.

Melansir dari laman Kellymom, rambut rontok yang berlebihan dari biasanya sangat wajar terjadi terlebih di tiga bulan pertama setelah melahirkan. Kondisi ini adalah sementara dan akan berkurang seiring dengan kondisi hormon seseorang. Namun, rambut rontok Bunda tidak ada kaitannya dengan menyusui loh Bunda. Artinya opini tersebut adalah mitos. 


"Memang rambut biasanya rontok karena hormon setelah melahirkan, yang momennya bersamaan dengan masa menyusui. Tapi tidak ada hubungannya rambut rontok karena menyusui," kata dr. Meta Hanindita dokter spesialis anak dikutip dari akun Instagram pribadinya. 

Lalu apa yang menjadi alasan rambut rontok yang Bunda alami setelah melahirkan? Tentunya kerontokan ini membuat bunda kaget, karena saat hamil rambut Bunda lebih berkilau dari sebelumnya. 

Seperti yang dilansir dari laman Parents, pada masa kehamilan ada banyak perubahan hormon yang terjadi salah satunya menyebabkan pertumbuhan rambut meningkat. 

Setelah melahirkan, ketika hormon Bunda perlahan kembali normal, terjadi penurunan hormon estrogen yang mempengaruhi kerontokan rambut. Namun Bunda jangan khawatir karena rambut-rambut ini secara kesehatan memang perlu untuk rontok dari kepala Bunda. 

Untuk menjaga keindahan rambut, Bunda bisa melakukan beberapa perawatan saat mengalami rambut rontok ini. Bunda juga harus mempertimbangkan keadaan sedang menyusui sehingga tetap aman untuk bayi Bunda.

Simak juga yuk batasan rambut rontok yang masih dianggap normal dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MERAWAT RAMBUT RONTOK USAI MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi