sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Boleh kok Mewarnai Rambut, Tapi Ada Beberapa Syaratnya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 29 Dec 2021 13:09 WIB
BOLEHKAH BUSUI MEWARNAI RAMBUT?
Ibu menyusui juga membutuhkan me time ya, Bunda. Dan, mewarnai rambut bisa menjadi salah satu caranya. Namun, bolehkah ibu mewarnai rambut saat masih menyusui? caption

"Beberapa produk perawatan rambut mungkin mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan efek samping. Beberapa produk pewarna yang lebih murah menggunakan amonia untuk pewarnaan rambut. Asap amonia jika terhirup busui sendiri bisa sangat berbahaya," ujar Shyamala Sathiaseelan, seorang pendidik dan konsultan laktasi.

Solusi mudahnya yakni dengan menggunakan pewarna yang tidak mengandung amonia. Saat ini, banyak perusahaan yang memproduksi pewarna bebas amonia dan itu dapat menjadi pilihan.

Tetapi, mesti diingat pula bahwa sebagian besar perawatan meninggalkan aroma yang kuat pada rambut. Jika Bunda seorang ibu menyusui, bayi mungkin akan merasa bau tersebut kurang nyaman untuknya sehingga mereka dapat terganggu proses menyusuinya. Sehingga, sangat bijak untuk menunda terlebih dahulu proses pewarnaan rambut.


Dengan kondisi bayi yang baru lahir, mungkin sulit bagi orang tua untuk meluangkan waktu bagi diri mereka sendiri. Agar lebih aman, Bunda pun dapat melakukan pewarnaan rambut sebelum melahirkan. Atau, gunakan pewarna rambut tradisional yang aman bagi busui, seperti diktuip dari laman Very Well Family.

"Meskipun kami tidak memiliki data ekstensif tentang produk pewarnaan rambut dan masuknya zat pewarna tersebut ke ASI, umumnya pewarnaan memang dianggap aman," kata Ayelet Kaznelson, IBCLC, seorang konsultan laktasi.

Ini karena sejumlah bahan kimia dalam pewarna rambut tidak masuk ke aliran darah dan otomatis tidak masuk ke ASI. Karena itu, risiko cedera pada bayi saat menyusui sangatlah kecil. Dan, belum ada penelitian yang menunjukkan korelasi apa pun.

Selain itu, seperti halnya mengonsumsi alkohol atau kafein saat menyusui, tidak ada jangka waktu yang disarankan antara mewarna rambut dan menyusui. Tidak ada alasan untuk menunda menyusui bayi setelah mewarnai rambut.

Dengan menyusui, manfaatnya pun jauh lebih besar daripada risiko kecil apa pun yang ditimbulkan oleh pewarnaan rambut. Hal terpenting, berikan banyak manfaat kesehatan yang diberikan pada bayi melalui menyusui. Tidak ada alasan untuk menunda menyusui bayi setelah Bunda melakukan pewarnaan rambut.

Bunda dapat memilih untuk mendapatkan highlight, sebuah proses dengan pewarna tidak bersentuhan dengan kulit kepala. Karena pewarna hanyalah diterapkan pada batang rambut. Sehingga, tidak ada cara bagi bahan kimia untuk memasuki aliran darah atau ASI.

Jika masih ragu, pastikan berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut ya, Bunda. Semoga informasinya membantu, Bunda.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!