sign up SIGN UP search


menyusui

10 Arti Mimpi Menggendong Bayi Laki-laki, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 06 Jan 2022 12:23 WIB
Ibu dan bayi Arti Mimpi Menggendong Bayi Laki-laki/ Foto: iStock
Jakarta -

Mimpi menggendong bayi laki-laki dapat dialami siapa pun, bahkan seseorang yang belum memiliki anak. Sebab, mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang tidak bisa dikendalikan saat kita tidur, Bunda.

Ada orang yang mengingat mimpinya, tapi ada pula yang lupa. Kebanyakan orang yang bermimpi di malam hari sering tidak mengingatnya, tapi seperti merasakan perasaan tidak enak.

Kata pakar tentang mimpi

Psikolog klinis, Marney A. White, PhD, MS, mengatakan bahwa para peneliti belum yakin dengan alasan sebenarnya manusia bermimpi. Namun, hingga kini sudah banyak teori tentang mimpi yang telah diteliti dan dijelaskan oleh pakar.


Mimpi merupakan gambaran bawah sadar yang dialami seseorang saat tidur. Mimpi bisa beragam, salah satunya adalah mimpi menggendong bayi.

"Banyak peneliti melihat mimpi hanya sebagai hasil dari aktivitas otak yang acak. Tetapi, yang lain percaya bahwa mimpi adalah cara manusia untuk menghadapi atau melalui drama emosional dalam hidupnya," kata White, dikutip dari Healthline.

Selama fase bermimpi, otak manusia akan bekerja pada tingkat yang jauh lebih emosional daripada saat dia terjaga. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa bermimpi adalah adaptasi evolusioner untuk membantu mengatasi stres.

Selain itu, mimpi juga dianggap sebagai pengalaman sensorik yang paling sering terjadi selama tidur. Mimpi dapat dibentuk oleh apa pun yang Bunda pikirkan saat tertidur atau sesuatu yang dialami sepanjang hari. Mimpi juga dapat disebabkan oleh rasa cemas atau situasi stres yang belum sempat diatasi.

Ada orang yang mengingat mimpinya, tapi ada pula yang lupa. Banyak orang yang bermimpi di malam hari sering tidak mengingatnya, Bunda.

"Terlepas dari apa yang kita ketahui tentang tidur, sulit bagi para ilmuwan untuk menjelaskan peran mimpi dalam kehidupan. Mimpi sering kali tidak masuk akal. Ini mungkin terjadi karena bagian otak yang memicu mimpi dianggap sebagai 'pusat emosi'," ujar White.

Mimpi dianggap sebagai pengalaman sensorik yang paling sering terjadi selama tahap tidur dan dikenal sebagai REM. Selama tidur REM, otak menjadi aktif dan mata bergerak, tetapi tubuh rileks.

D. Raditya dalam buku Tafsir 1672 Mimpi mengatakan bahwa mimpi merupakan salah satu jenis aktivitas alam bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra-indra lain dalam tidur. Dalam mimpi, faktor kemampuan otak menjadi pemeran utama.

Hal yang wajar bila Bunda lupa dengan mimpi yang dialami ya. Tapi, tak sedikit orang akan mengingat mimpinya.

"Sekitar lima menit setelah terbangun, kita akan segera melupakan 50 persen mimpi kita, 10 menit kemudian 90 persen jalan cerita akan terlupakan," Raditya.

Mother and baby boy  playing in bedroomIlustrasi Bunda menggendong bayi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Vesnaandjic

Interpretasi mimpi

Setiap mimpi sering dikaitkan dengan arti tertentu. Pada zaman kuno, arti mimpi memang sudah banyak dikaitkan dengan dunia supranatural, Bunda.

Mimpi yang indah dan membahagiakan sering diartikan dengan sesuatu yang positif. Sebaliknya, mimpi buruk yang menakutkan dianggap buruk atau negatif.

Anggapan-anggapan seperti ini mulai berubah saat Atistoteles mengemukakan pendapatnya tentang mimpi. Aristoteles mengatakan, mimpi merupakan aktivitas mental ketika seseorang tidur.

"Saat tidur, indra tetap bisa menangkap rangsangan dari luar. Rangsangan itu diperbesar melalui mimpi. Contohnya, ketika seseorang yang kedinginan bisa bermimpi sedang berada di lautan salju," ujar Raditya.

Setelah Aristoteles, penafsiran atau interpretasi tentang mimpi semakin berkembang. Banyak budaya mulai mengangkat arti mimpi.

Arti mimpi menggendong bayi

Setiap mimpi dianggap memiliki interpretasi atau arti yang berbeda, Bunda. Begitu pun arti menggendong bayi laki-laki. Nah, melansir dari berbagai sumber, berikut 10 arti mimpi menggendong bayi laki-laki:

  1. Seseorang yang bermimpi menggendong anak kecil bisa berarti dia akan berselisih paham dengan istri atau suami. Jika dia belum menikah, maka dia akan berselisih dengan teman atau sahabat dekat.
  2. Bermimpi menggendong bayi dapat berarti mendapatkan rezeki.
  3. Bermimpi menggendong bayi sambil memeluknya erat bisa berarti Bunda sedang mengingat waktu di mana banyak orang bergantung pada Bunda.
  4. Arti mimpi menggendong bayi juga dapat berarti sedang diingatkan dengan tanggung jawab dari lingkup keluarga atau pekerjaan.
  5. Mimpi menggendong bayi yang dialami ibu baru bisa berarti rasa takut karena menganggap tidak memiliki kemampuan untuk jadi orang tua yang baik.
  6. Mimpi ini juga dapat menjadi indikasi Bunda mengalami kelelahan secara fisik dan emosional, sehingga membutuhkan energi tambahan.
  7. Mimpi ini bisa merupakan pertanda keragu-raguan Bunda dalam bergerak maju di beberapa situasi atau hubungan.
  8. Arti mimpi menggendong bayi juga bisa menjadi firasat Bunda membutuhkan kedamaian atau ketenangan spiritual. Bunda mungkin perlu mengekspresikan diri agar bisa berdaya.
  9. Jika Bunda belum memiliki anak, arti mimpi menggendong bayi laki-laki dapat berarti mengungkapkan kekecewaan dengan pasangan atau rumah tangga.
  10. Menggendong bayi laki-laki juga bisa menjadi tanda peringatan dalam hubungan suami istri. Bunda mungkin akan mengalami perselisihan dengan Ayah yang harus segera diselesaikan.

Simak juga 3 cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!