sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Menggendong Bayi Bantu Lancarkan Menyusui? Buktikan Yuk

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 20 Aug 2021 07:44 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Menggendong bayi mungkin terlihat biasa bagi Bunda manapun. Tetapi, tahukah Bunda, sebenarnya menggendong dapat memberikan dampak luar biasa lho pada proses menyusui.

Salah satu harapan besar bagi sebagian Bunda setelah memiliki buah hati tentunya dapat menyusui dengan lancar dan menyenangkan. Apalagi, proses menyusui sendiri juga sangatlah bermanfaat secara psikologis dan juga kenyamanan personal.

Prof Kerstin Uvnas Moberg yang menjadi pelopor penelitian anti-stress dari oksitosin melalui pengalamannya, menyebutkan bahawa ada landasan hormonal dan fisiologis yang kuat bagi beberapa wanita yang menggambarkan bagaimana mereka menyusui.


"Mereka menemukan pengalaman seperti 'terbang di awan' dengan perasaan nyaman yang belum pernah terjadi sebelumnya," katanya. 

Banner Bule Perancis Nikahi Gadis KalimantanBanner Bule Perancis Nikahi Gadis Kalimantan/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Selain itu, bagi wanita lainnya, berhasil menyusui juga dapat mengubah hidup mereka, seperti dikutip dari laman Ergobaby.

Ya, menyusui dengan adanya interaksi skin-to-skin memang merupakan proses yang menakjubkan ya, Bunda. Hal ini dikaitkan dengan adanya peningkatan oksitosin yang kemudian berpengaruh pada banyaknya ASI yang diproduksi busui. 

Adanya kontak skin-to-skin, nyatanya banyak diakui para Bunda menyusui memberikan dampak yang positif untuk ASI mereka. Karenanya, keterikatan ini harus terus dibangun setiap waktu.

Salah satu bentuk menjaga ikatan skin-to-skin yakni dengan menggendong bayi ya, Bunda. Seperti Bunda ketahui bahwa menggendong bayi membuat Bunda dan juga buah hati tetap dekat meskipun Bunda sambil melakukan berbagai aktivitas. 

Selain adanya peningkatan ikatan antara Bunda dan Si Kecil, juga muncul adanya peningkatan suasana hati pada busui terutama pada mereka yang berisiko mengalami depresi dan kecemasan pasca persalinan. Serta, tentunya interaksi ini memberikan hasil yang lebih baik pada proses menyusui, seperti dikutip dari laman Crystalkarges.

Informasi lebih lanjut klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga produksi ASI menurun dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



Apakah Menggendong Bayi Bantu Lancarkan Menyusui?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!