sign up SIGN UP search


menyusui

5 Prinsip Menyusui Sambil Menggendong Bayi yang Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Kamis, 19 Aug 2021 07:45 WIB
Ibu dan bayi caption
Jakarta -

Banyak posisiĀ menyusui yang bisa bikin Bunda dan bayi nyaman. Salah satunya, menyusui sambil menggendong bayi.

Posisi menyusui ini sering digunakan pada Bunda yang melakukan lebih dari satu aktivitas. Umumnya, menggendong sambil menyusui dibantu dengan kain gendongan atau jarik.

Menurut Babywearing Consultant dr. Astri Pramarini, IBCLC, menggendong menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan orang tua kepada bayinya yang baru lahir. Selain membuat bayi nyaman, kegiatan ini juga sering dikaitkan dengan aktivitas menyusui.


"Kegiatan orang tua dan bayi baru lahir itu tidak jauh dari menyusui, stimulasi tumbuh kembang, pemantauan perkembangan, dan imunisasi," kata Astri, dikutip dari YouTube AIMI ASI, Rabu (18/8/21).

Tak cuma untuk menyusui, menggendong juga bisa menjadi stimulasiĀ tumbuh kembang lho, Bunda. Kita bisa langsung merespons kebutuhan anak karena dekat dengannya saat menggendong.

Meski menggendong termasuk cara aman mengasuh bayi, Bunda perlu pahami prinsip dalam menyusui saat menggendong bayi ya. Aktivitas ini tidak boleh dilakukan sembarangan agar tidak salah dan membahayakan bayi.

"Kita perlu tahu dulu bahwa menyusui itu, artinya perlu mendekatkan badan bayi dengan ibunya dan mulut bayi sepenuhnya masuk ke payudara ibu," ujar Astri.

Selain itu, kita juga perlu melihat usia bayi yang disusui sambil digendong. Bayi baru lahir yang masih kecil tidak boleh sembarangan disusui guna mencegah masalah menyusui.

Nah, berikut lima prinsip menyusui sambil menggendong yang perlu Bunda pahami, seperti yang disampaikan Astri.

1. Paham bagaimana teknik menyusui

Bunda perlu memahami teknik menyusui yang benar sebelum memberinya makan sambil menggendong. Teknik ini dapat berupa posisi yang tepat dan pelekatan yang benar saat bayi menyusu.

Simak halaman berikutnya untuk mengetahui prinsip lain tentang menyusui sambil menggendong bayi.

Simak juga 3 dampak buruk dot untuk bayi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PRINSIP MENYUSUI SAMBIL MENGGENDONG BAYI: BANYAK BERLATIH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!