sign up SIGN UP search


menyusui

Bila Bayi Muntah setelah Menyusu, Kapan Bunda Mesti Waspada?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 09 Jan 2022 15:00 WIB
Sleeping baby Ilustrasi bayi gumoh/Foto: iStock

Jakarta - Muntah dan gumoh memang wajar dialami bayi, ya Bunda. Bahkan, bayi muntah setelah menyusu pun juga banyak terjadi. Normalkah kondisi ini dan kapan semestinya Bunda harus waspada? 

Menurut Jarret Patton, seorang dokter anak, bayi muntah setelah menyusu biasanya terjadi selama dua minggu pertama kehidupan bayi. Biasanya, itu karena pada beberapa Bunda, payudaranya menghasilkan lebih banyak susu daripada yang bisa diminum bayi. Hal itu pun menyebabkan bayi makan berlebihan dan kemudian muntah.

"Namun ini dapat dengan cepat hilang ketika payudara mulai mengatur jumlah susu yang mereka hasilkan berdasarkan kebiasaan makan bayi. Jika muntah berlanjut bahkan setelah menyusu sedikit, ini dapat mengindikasikan masalah medis dan Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut," kata Patton seperti dikutip dari laman Romper.


Ketika bayi muntah, biasanya bayi mengeluarkan isi perutnya dan ini cenderung memiliki volume yang lebih besar. Jika Si Kecil muntah, pertahankan bayi untuk tetap berbaring tengkurap atau miring sebanyak mungkin untuk meminimalkan kemungkinan bayi menghirup muntahan ke saluran napas bagian atas dan paru-parunya, saran dari the American Academy of Pediatrics (APA).

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan PutusBanner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus/ Foto: HaiBunda/Mia

Jika bayi muntah, APA mencatat sebagian besar akan berhenti tanpa perawatan medis khusus. Namun, Bunda juga perlu mewaspadai risiko dehidrasi. Patton mengatakan, kunci untuk menentukan apakah muntah terlalu banyak terletak pada penambahan berat badan dan jumlah popok basah bayi.

Kalau terdapat penurunan berat badan atau kegagalan untuk menambah berat badan dengan baik, lihat Si Kecil dengan saksama. Juga, jika jumlah popok basah berkurang, ini dapat menandakan dehidrasi dan menyebabkan kunjungan ke dokter jika memang diperlukan. 

Klik di halaman selanjutnya untuk ulasan lebih lanjutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tentang tips membuat bayi sendawa setelah menyusui di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



BAYI MUNTAH SETELAH MENYUSU, NORMALKAH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!