sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Bayi Bisa Mengalami Alergi karena ASI?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 03 Jan 2022 09:01 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Alergi bisa dialami bayi yang sedang menyusu ASI, Bunda. Reaksi alergi dapat berupa ruam kulit hingga hidung tersumbat.

Lalu apakah ada kaitan antara alergi pada bayi dan ASI? Benarkah bayi bisa mengalami alergi karena ASI?

ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi karena memberikan banyak manfaat kesehatan. ASI juga mengandung zat antibodi yang mampu melindungi bayi dari penyakit atau infeksi, Bunda.


Kandungan dalam ASI sama sekali tidak ada kaitannya dengan penyebab alergi pada bayi. Dokter Spesialis Anak dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K), mengatakan bahwa ASI pada umumnya tidak menimbulkan reaksi alergi pada bayi.

Banner Denah Rumah Minimalis 3 KamarFoto: HaiBunda/Mia

"Hanya 2 sampai 3 persen bayi yang disusui eksklusif menunjukkan gejala alergi dan itu pun alergi terhadap protein susu sapi yang dikonsumsi ibunya, bukan pada ASI," kata Meta dalam buku Mommyclopedia: 456 Fakta Tentang ASI Dan Menyusui.

Penelitian menunjukkan bahwa menyusui eksklusif justru bisa membantu atau mencegah beberapa jenis alergi, Bunda. ASI mengandung lima antibodi, yakni Imunoglobulin A, D, G, M, dan E. Masing-masing antibodi ini memiliki fungsi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah alergi.

Penelitian lebih lanjut memang masih diperlukan, tapi ada beberapa bukti menunjukkan bahwa antibodi dalam ASI ini mampu mengurangi atau mencegah beberapa jenis alergi, terutama pada bayi dengan riwayat alergi keluarga.

"Bukti juga menunjukkan bahwa menyusui eksklusif selama empat bulan pertama dapat memberikan perlindungan terhadap jenis penyakit alergi tertentu, termasuk alergi susu sapi dan dermatitis atopik," ujar Konsultan Laktasi Melissa Kotlen, dilansir Very Well Family.

Bayi mengalami alergi saat menyusu umumnya bukan karena ASI, tapi makanan mengandung susu sapi yang dikonsumsi Bunda. Ada sebagian kecil protein susu sapi yang masuk ke ASI bisa memicu respons alergi pada bayi.

Anak yang mengalami alergi susu sapi biasanya akan menunjukkan gejala, seperti menangis terus-menerus, enggan makan, sulit tidur, ruam popok akut, muntah, diare kronis, eksim, hingga gatal-gatal. Bila anak mengalami salah satu gejala tersebut, segara hubungi dokter ya, Bunda.

Alergi yang dialami bayi menyusu ASI juga bisa terjadi karena faktor eksternal. Apa saja faktor-faktor ini? Baca halaman berikutnya yuk.

Simak juga 4 tanda bayi kenyang ASI, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB ALERGI PADA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!