sign up SIGN UP search


menyusui

7 Cara Menyendawakan Bayi Usai Menyusu, Gendong dan Ubah Posisinya

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 14 Jan 2022 19:00 WIB
Bantal menyusui Ilustrasi menyendawakan bayi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila_Fadzeyeva

Jakarta - Idealnya, bayi harus sendawa usai disusui agar tidak rewel setelahnya. Hal ini penting dilakukan karena bayi sering menelan udara saat mereka menyusu, baik udara dari payudara Bunda atau botol susu, yang membuat perut mereka sakit dan membuat mereka tidak nyaman.

Udara yang terperangkap di perut mereka, perlu dilepaskan dengan cara bersendawa, Bunda. Dengan sering bersendawa saat menyusui, dapat meminimalkan rasa sakit akibat gas yang terperangkap di perutnya. Sehingga, tidak menyebabkan kolik ya.

Bersendawa dapat membantu melepaskan gelembung gas yang menumpuk di perut Si Kecil melalui kerongkongan dan keluar dari mulut.


“Gas adalah udara yang terperangkap dalam sistem gastrointestinal dan perlu dikeluarkan,” kata Shalini Forbis, MD, seorang dokter anak dan blogger Dr. Mon Squad untuk Dayton Children’s Hospital di Ohio, dikutip dari Parents.

Mengapa bayi perlu bersendawa?

Bayi biasanya perlu bersendawa ketika mereka menghirup udara saat makan atau menyusu, yang membuat mereka merasa kenyang terlalu cepat.

“Ini lebih sering terjadi pada bayi yang diberi susu botol, yang cenderung makan lebih cepat,” kata Erika Landau, MD, seorang dokter anak di New York City dan rekan penulis The Essential Guide to Baby’s First Year.

Namun, bayi yang disusui juga berisiko menelan banyak udara. Hal tersebut bisa terjadi jika Si Kecil sangat lapar dan ingin makan cepat.

Secara umum, diyakini bahwa bayi perlu bersendawa untuk membuang gas ekstra di perut mereka. Mungkin bayi akan kembung atau rewel, jika kita tidak membantu mereka untuk bersendawa.

Banner Tanaman Hias dengan HidroponikTanaman Hias dengan Hidroponik/ Foto: HaiBunda/Mia

Bagaimana jika bayi tidak bersendawa usai menyusu?

Dalam banyak kasus, sebenarnya baik-baik saja. “Jika bayi Bunda tidak mudah bersendawa, tetapi juga tidak rewel, itu berarti mereka tidak perlu bersendawa,” kata Dr. Beth Oller, MD, seorang dokter keluarga di Stockton, KS, dikutip dari Romper.

Jadi, Bunda tidak perlu memaksakan diri untuk mengeluarkan gelembung gas, atau panik karena mungkin ada yang tidak beres. Tanda-tanda bahwa Si Kecil memang perlu bersendawa termasuk menggeliat atau meringis saat menyusu.

Jika Si Kecil tampaknya perlu mengeluarkan gas, berikut ada beberapa tips yang dapat Bunda lakukan untuk membantu Si Kecil mendapat kelegaan dalam waktu singkat. Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

Bunda, jika ingin menyendawakan bayi usai menyusui bisa melihat cara dokter di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



7 TIPS AGAR BAYI BERSENDAWA, MUDAH BUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!