sign up SIGN UP search


menyusui

Untuk Redakan Batuk, Bolehkah Ibu Menyusui Minum Ambroxol?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 16 Mar 2022 15:33 WIB
Cropped shot of an unrecognizable teenage girl drinking medication caption

Jakarta - Saat batuk menyerang, Ambroxol banyak digunakan untuk membantu meredakan batuk berdahak. Obat ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga batuk lekas mereda. Nah, bagaimana kalau Ambroxol untuk ibu menyusui ya, Bunda? Amankah digunakan sementara ibu tetap menyusui?

Ambroxol merupakan obat yang digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan (masalah pada saluran udara dan paru-paru) yang berhubungan dengan produksi dahak yang berlebihan pada anak-anak dan orang dewasa.

Obat ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah dan membantu bernapas dengan mudah, seperti dikutip dari laman Practo.


Ambroxol dapat menyebabkan efek samping yang umum seperti mual, muntah, ketidaknyamanan perut, dan mulut kering. Efek samping ini berlangsung untuk waktu yang singkat dan biasanya hilang dengan sendirinya. Sebaiknya, bicarakan dengan dokter jika efek samping ini dirasakan terus-menerus.

Bentuk oral Ambroxol sebaiknya dikonsumsi dengan makanan ya, Bunda, guna menghindari iritasi lambung. Bunda dapat mengikuti dosis yang direkomendasikan dokter.

Jangan memulai atau berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter. Apalagi, Ambroxol memang tidak dianjurkan jika penderitanya memiliki riwayat alergi. 

Banner Pengantin Tanpa KakiBanner Pengantin Tanpa Kaki/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Segera beri tahukan dokter jika Bunda memiliki riwayat maag, masalah hati, atau masalah ginjal. Serta, konsultasikan juga dengan dokter sebelum mengonsumsi Ambroxol jika sedang hamil atau sedang menyusui.

Secara umum, tidak diketahui berapa lama efek Ambroxol bertahan di tubuh. Namun, setelah pemberian oral, obat ini dapat tetap berada di tubuh selama 2-3 hari.

Ambroxol memang tidak dianjurkan saat menyusui karena informasi yang terbatas tentang penggunaannya. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memahami semua risiko dan manfaat yang terkait dengannya sebelum minum obat ini.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Saksikan juga video tentang paracetamol untuk ibu menyusui di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



AMBROXOL UNTUK IBU MENYUSUI, SEJAUH MANA KEAMANANNYA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!