sign up SIGN UP search


menyusui

Durasi Menyusui Bayi Sesuai Usia dari Baru Lahir hingga Berusia 2 Tahun

Meita Fajriana   |   Haibunda Minggu, 17 Apr 2022 14:03 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Pengalaman menyusui anak pertama memang penuh tanda tanya ya, Bunda. Terutama mengenai kepastian apakah bayi kenyang disusui?

Minimnya pengalaman membuat Bunda kadang-kadang panik kalau Si Kecil menangis. Lapar atau haus menjadi dugaan yang paling sering terlintas di pikiran, apalagi kalau bayi hanya sebentar-sebentar menyusunya.

Durasi menyusui bayi sangat tergantung pada beberapa hal, termasuk usia bayi dan suplai Air Susu Ibu (ASI) Bunda. Menyusui rata-rata dapat berlangsung selama 10 hingga 20 menit, tetapi bayi dapat menyusu di mana saja mulai dari 5 hingga 45 menit di setiap sesinya. 


Melansir dari laman Kids Health, bayi baru lahir dapat menyusu hingga 20 menit atau lebih pada satu atau kedua payudara. Saat bayi bertambah usia dan lebih terampil dalam menyusui, Si Kecil hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit di setiap sisinya. Hubungi dokter segera jika Bunda khawatir menyusui bayi tampak terlalu pendek atau terlalu lama ya Bunda. 

Faktor yang mempengaruhi durasi menyusui bayi

Beberapa bayi yang disusui dapat menyusu secara penuh dalam 8 menit. Yang lain membutuhkan 30 menit atau lebih untuk mendapatkan jumlah ASI yang sama. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor Bunda. 

"Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyusui tergantung pada Bunda, Si Kecil, dan hal-hal lain," kata Meredith Shur dokter kandungan yang berbasis di New York, Amerika Serikat dikutip dari laman Verywell Family.

Berikut hal-hal yang mempengaruhi waktu makan bayi atau durasi menyusu yang perlu Bunda ketahui:

1. Usia

Bayi dengan usia lebih besar biasanya bisa mendapatkan cukup ASI dalam waktu yang lebih singkat.

2. Suasana hati

Bayi yang mengantuk mungkin tidak menyusu sebaik atau secepat bayi yang bangun dan segar Bunda.

3. Aliran

Jika ASI Bunda mengalir dengan cepat dan Bunda memiliki refleks let-down yang aktif, ada lebih banyak ASI yang tersedia untuk bayi Bunda. Refleks let-down adalah refleks yang menyebabkan ASI mengalir dari puting. Sebaliknya jika aliran Bunda lambat dan refleksnya sulit atau tertunda, bayi tentu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan cukup ASI.

4. Kesehatan

Bayi prematur atau bayi yang lahir dengan masalah kesehatan mungkin mudah lelah saat menyusu dan sering istirahat sehingga dapat memperpanjang waktu menyusu, Bunda. 

5. Pelekatan

Pelekatan yang baik membantu bayi mengeluarkan ASI secara lebih efektif dan oleh karena itu mendapatkan ASI penuh dalam waktu yang lebih singkat.

6. Pasokan ASI

Jika Bunda memiliki suplai ASI yang rendah atau bayi Bunda sedang mengalami percepatan pertumbuhan, bayi mungkin menghabiskan lebih banyak waktu menyusu untuk mencoba mendapatkan lebih banyak ASI.

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga yuk informasi mengenai manajemen pumping seperti dijelaskan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



DURASI MENYUSUI SI KECIL SESUAI USIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!