sign up SIGN UP search


menyusui

Ketahui yuk Durasi Menyusui Bayi 15 Bulan, Wajarkah bila Semakin Berkurang?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 08 Jun 2022 11:30 WIB
Young Mom Breastfeeding Baby While Working Remotely On Laptop At Home and eating caption

Jakarta - Saat usia Si Kecil memasuki 1 tahun, mungkin durasi menyusui semakin berkurang ya, Bunda. Khususnya pada bayi 15 bulan karena mereka kerap makan berbagai makanan pendamping ASI dan juga aneka camilan.

Saat Bunda mulai menyusui, Bunda mungkin tidak memikirkan berapa lama akan melakukannya. Bunda hanya melewati proses demi proses dan kemungkinan besar tujuannya hanyalah menyusui.

Kemudian, seiring dengan perkembangan usia bayi, menyusui yang sudah jadi rutinitas memang kerap sulit melepaskannya ya, Bunda. Alhasil, tak sedikit busui yang menyusui bayinya lebih dari dua tahun.


Melansir Healthline, sekitar 36 persen bayi masih menyusui pada usia 12 bulan, sedangkan sekitar 15 persen masih melakukannya pada usia 18 bulan. Sebagian besar organisasi kesehatan besar merekomendasikan menyusui bayi minimal 12 bulan, tetapi banyak juga profesional kesehatan merekomendasikannya lebih dari itu. 

Banner Resep Budget Rp30 RibuResep Budget Rp30 Ribu/ Foto: Annisa Shofia

Satu studi menemukan bahwa kandungan nutrisi ASI sebagian besar tetaplah sama selama tahun kedua kehidupan. Sementara zinc dan kalium menurun, total protein meningkat. Tidak ada perubahan yang diamati pada kandungan laktosa, lemak, zat besi, dan kalium susu.

Studi lain menemukan bahwa ASI setelah 1 tahun memiliki kandungan energi dan lemak yang lebih tinggi yang mungkin bermanfaat bagi bayi. Selama menyusui yang berkepanjangan, kontribusi energi lemak dari ASI ke makanan bayi mungkin signifikan.

"Dari sisi kenyamanan, menyusui jangka panjang juga mungkin akan menemukan bahwa payudara menjadi sumber kenyamanan utama bagi bayi," ujar Debra Rose, Ph.D, MSN, R.N. IBCLC.

Ini memang memiliki plus minus karena terkadang merasa stres menjadi orang utama yang datang kepada anak Bunda ketika mereka marah. Pada saat yang sama, menyusui menjadi alat yang luar biasa untuk menenangkan anak dan membantu mereka mengatur emosinya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang penyebab Bunda ikut tertidur saat menyusui Si Kecil.

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
DURASI MENYUSUI ANAK 15 BULAN, BERAPA LAMA YA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!