sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Kelengkeng yang Tidak Terduga untuk Ibu Menyusui

Nanie Wardhani   |   Haibunda Rabu, 20 Apr 2022 11:18 WIB
ilustrasi menyusui caption

Memilih makanan saat menyusui memang menjadi hal yang penting. Tentu saja, karena apa yang Bunda konsumsi, akan dikonsumsi juga oleh Si Kecil. Mungkin saat ini Bunda sedang bertanya-tanya, apakah semua buah aman dan memiliki manfaat jika dikonsumsi.

Salah satu dari sekian banyak buah itu adalah kelengkeng. Buah segar yang memiliki daging berwarna putih, dengan biji hitam di dalamnya ini adalah kesukaan banyak orang. Ada banyak kandungan kelengkeng yang bisa Bunda manfaatkan.

Kelengkeng mengandung kalori, karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, ada banyak vitamin dan mineral juga di dalamnya. Seperti vitamin C dan zat besi.


JIka kelengkeng normal dimakan oleh orang biasa, maka apa manfaatnya untuk ibu menyusui?

Manfaat kelengkeng untuk ibu menyusui

Setiap buah pasti mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, tidak terkecuali kelengkeng. Saat menyusui, Bunda pasti membutuhkan banyak nutrisi agar tetap fit dalam menyusui.

Berikut adalah manfaat kelengkeng yang dilansir dari Healthify Me.

1. Menambah energi

Bunda pasti setuju, menyusui adalah pekerjaan yang menyenangkan sekaligus melelahkan, bukan? Untuk menambah energi agar tetap fit menyusui, Bunda bisa mengonsumsi kelengkeng.

Kelengkeng mengandung glukosa yang akan membantu Bunda menambah energi saat menyusui. Kelengkeng bisa menjadi makanan alternatif yang menjaga Bunda tetap kuat dan sehat.

Jika Bunda memiliki ketergantungan dengan kafein atau kopi, Bunda bisa menggantinya dengan kelengkeng. Kelengkeng dapat mengganti energi Bunda secara instan dan sehat.

2. Meningkatkan imun

Sebisa mungkin, selama Bunda menyusui pasti Bunda ingin menjaga kesehatan dan terjaga dari berbagai penyakit. Karena jika Bunda sakit, Si Kecil pun bisa tertular karenanya.

Nah, kelengkeng sangat kaya akan vitamin C dan memiliki antioksidan yang mengurangi resiko terserang penyakit. Karena kandungan ini membantu sistem kekebalan tubuh Bunda.

Banyak studi yang membuktikan, mengonsumsi kelengkeng dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dengan memproduksi sel darah putih yang cukup.

Longan fruits over palm leaves on rattan background. Copy space. Dimocarpus longan. Bunch of exotic longans. Tropical food conceptIlustrasi manfaat kelengkeng untuk ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/jchizhe

3. Meningkatkan kualitas tidur

Kalau yang ini pasti sangat penting buat Bunda. Terkadang menyusui bisa di tengah malam yang tentunya mengganggu waktu tidur Bunda, sehingga Bunda menjadi kelelahan karena kurangnya waktu tidur,

Kelengkeng adalah salah satu buah yang dapat meningkatkan kualitas tidur Bunda. Ini terjadi karena adanya aktivitas ansiolitik kelengkeng yang dapat menurunkan stres dan kecemasan.

Nah, ekstrak ini akan mengurangi kadar hormon stres yang disebut sebagai kortisol. Yang pada akhirnya dapat membuat tidur Bunda menjadi berkualitas. 

4. Mencegah insomnia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kelengkeng dapat meningkatkan kualitas tidur Bunda. Dengan begitu, kelengkeng juga akan membantu Bunda dalam mencegah insomnia.

Insomnia adalah masalah umum pada ibu menyusui. Bunda mungkin bisa saja kelelahan dan merasa mengantuk, namun Bunda tidak bisa segera tidur.

Kelengkeng mengandung zat besi yang bisa memproduksi sel darah merah, sehingga Bunda bisa lebih tenang dan rileks.

5. Mencegah anemia

Ibu menyusui dapat terkena anemia. Beberapa ciri dari anemia yang dapat terjadi pada ibu menyusui adalah badan yang tidak bertenaga dan cepat lelah. Selain itu, nafsu makan Bunda bisa menurun. Padahal Bunda perlu asupan lebih untuk Si Kecil.

Kelengkeng yang mengandung zat besi akan membantu Bunda dalam memproduksi sel darah merah. Zat besi yang ada di dalam buah kelengkeng juga dapat merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasinya.

Sehingga, Bunda bisa terhindar dari anemia saat menyusui.

Apakah aman memakan kelengkeng saat menyusui?

Menurut Health Replies, sebenarnya Bunda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi kelengkeng saat menyusui. Sebab pada umumnya, buah segar memiliki banyak manfaat yang dapat diserap oleh tubuh.

Jika Bunda khawatir memakan buah kelengkeng akan mempengaruhi Si Kecil, kelengkeng akan terserap terlebih dahulu ke tubuh Bunda. Sehingga kelengkeng tidak langsung tepat mempengaruhi ASI.

Hanya saja, Bunda perlu memastikan kebersihan sebelum memakan kelengkeng. Pastikan kelengkeng yang akan Bunda makan sudah bersih dan dicuci terlebih dahulu.

Itulah berbagai manfaat kelengkeng untuk ibu menyusui, serta apakah kelengkeng aman untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat, Bunda.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!