sign up SIGN UP search


menyusui

25 Makanan Pelancar ASI yang Dianjurkan Dikonsumsi Ibu Menyusui, Pisang hingga Tahu

Annisa Karnesyia Rabu, 30 Dec 2020 07:06 WIB
Ilustrasi Pisang caption
Jakarta -

Menyusui si kecil bisa menjadi kendala jika produksi ASI terganggu. Untuk itu, ibu menyusui mungkin membutuhkan nutrisi dari makanan pelancar ASI untuk meningkatkan suplainya, Bunda.

Menurut konsultan laktasi, Alicia C. Simpson, banyak jenis makanan super yang dipercaya bisa melancarkan produksi ASI. Meski belum terbukti secara klinis, banyak yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah menyusui.

"Banyak yang digunakan di seluruh dunia untuk makanan ibu menyusui karena mengandung nutrisi dari lemak sehat, vitamin, mineral, fitonutrien, dan antioksidan yang ideal untuk ibu menyusui," kata Simpson, dilansir Parents.


Makanan pelancar ASI cukup mudah ditemukan dalam bentuk suplemen atau makanan segar. Bunda bisa mencampurnya ke dalam menu makan sehari-hari lho.

Mengutip berbagai sumber, berikut 25 makanan pelancar ASI yang bisa jadi referensi menu makan ibu menyusui:

1. Biji Fenugreek

Biji fenugreek dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI lho, Bunda. Biji fenugreek mengandung tinggi asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, mengandung pula nutrisi seperti beta-karoten, vitamin B, dan kalsium, dan zat besi.

2. Bawang Putih

Bawang putih terkenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, bawang putih juga bisa membantu meningkatkan suplai ASI. Bunda sebaiknya mengonsumsi bahan makanan ini secukupnya karena bisa memengaruhi bau dan rasa ASI.

3. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, dan sawi, merupakan sumber zat besi, kalsium, dan asam folat. Sayuran hijau mengandung banyak vitamin dan dianggap bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

4. Biji wijen

Biji wijen diyakini sebagai makanan pelancar ASI dan merupakan sumber kalsium non-susu yang baik untuk pertumbuhan bayi. Kandungan kalsium ini juga efektif untuk memulihkan ibu setelah melahirkan.

5. Oatmeal

Ahli gizi merekomendasikan oatmeal atau makanan gandum untuk ibu menyusui karena bisa meningkatkan produksi ASI. Oatmeal juga bisa mengendalikan kadar gula darah usai melahirkan, serta baik untuk sistem pencernaan karena mengandung serat.

6. Pepaya mentah

Pepaya mentah juga bisa meningkatkan produksi ASI lho, Bunda. Pepaya mentah dianggap sebagai galactagogue, yakni suatu substansi yang dapat meningkatkan suplai ASI. Kandungan pepaya mentah juga berfungsi sebagai penenang alami yang bisa membuat tubuh rileks.

7. Wortel

Wortel dikenal sebagai makanan terbaik untuk meningkatkan kualitas produksi ASI karena mengandung vitamin A. Bunda bisa mengonsumsi mentah atau dalam bentuk jus untuk mendapatkan manfaat wortel sebagai makanan pelancar ASI.

8. Barley

Barley merupakan jenis biji-bijian gandum yang kaya serat. Kandungannya dipercaya bisa meningkatkan laktasi dan membuat tubuh terhidrasi.

9. Asparagus

Asparagus adalah makanan yang mengandung serat tinggi, kaya vitamin A dan K. Asparagus merangsang hormon yang bertanggung jawab selama menyusui. Asparagus bisa disajikan dengan dimasak tumis dengan sayuran lain.

10. Daun katuk

Dalam Journal of Sauropus Androgynus Leaf menyebutkan bahwa ekstrak daun katuk bisa meningkatkan kuantitas produksi ASI hingga 50,7 persen. Selain itu, daun katuk juga dapat membantu kebutuhan mineral bagi ibu menyusui dan meningkatkan daya tahan tubuh bagi ibu.

11. Beras merah

Beras merah bisa dikonsumsi ibu setelah melahirkan. Kandungannya diyakini bisa bermanfaat karena merangsang hormon untuk produksi susu.

12. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 dan asam lemak esensial yang bisa membantu laktasi. Kandungan ASi dipercaya bisa bernutrisi jika ibu mengonsumsi ikan salmon.

Salmon fish steck on the cutting boardIlustrasi Ikan Salmon/ Foto: iStock

13. Pare

Kandungan air dalam pare sangat tinggi dan bisa membantu ibu tetap terhidrasi. Pare juga mudah dicerna dan membantu meningkatkan suplai ASI.

14. Mangga

Mangga mengandung antioksidan dan vitamin K, Bunda. Selain itu, ada serat dan kalium yang bisa membantu ibu menyusui untuk mengembalikan nutrisinya.

15. Blueberry

Blueberry ternyata mengandung tinggi antioksidan lho. Kandungan ini bisa memberikan manfaat pada bayi yang menyusu.

16. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan karbohidrat yang bisa memberi energi pada ibu menyusui. Selain itu, ubi jalar mengandung vitamin C, B Kompleks, dan magnesium yang bisa menjadikannya makanan pelancar ASI.

17. Kacang almond

Kacang almond dikenal kaya akan vitamin E dan asam lemak omega-3. Almond merupakan makanan pelancar ASI dan sering diresepkan dokter untuk ibu menyusui.

18. Daun kelor

Daun kelor dipercaya banyak orang bisa meningkatkan produksi ASI karena mengandung galactagogue. Penelitian menyebutkan bahwa produksi ASi bisa meningkat pada seorang wanita yang mengonsumsi daun kelor.

19. Jambu biji

Kandungan vitamin C dalam jambu biji baik untuk ibu menyusui. Vitamin C bisa membantu tubuh menyerap zat besi yang mampu meningkatkan suplai ASI.

20. Tahu

Tahu atau tofu adalah makanan super yang kaya akan mineral, vitamin, kalsium, dan banyak protein. Di daerah Asia Timur, tahu dipercaya sebagai makanan pelancar ASI..

21. Semangka

Semangka kaya akan fruktosa, serat, dan air. Semangka bisa menjaga tubuh ibu tetap terhidrasi dan meningkatkan suplai ASI. Menjaga tubuh terhidrasi bisa membantu ibu mengatasi masalah selama menyusui.

22. Teh hijau

Teh hijau dikenal mengandung antioksidan dan mineral yang bisa membuat tubuh rileks. Selain itu, kandungannya juga dapat membantu menjaga sirkulasi darah dan kolesterol. Di beberapa negara, teh hijau dipercaya sebagai makanan pelancar ASI.

23. Alpukat

Kandungan asam lemak omega-3, 6, dan 9 dalam alpukat dapat meningkatkan suplai ASI. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung folat, vitamin C, E, dan potasium, yang baik untuk perkembangan si kecil lho.

24. Pisang

Pisang mengandung kalium yang bisa menjaga kadar cairan dan elektrolit ibu menyusui. Kondisi tubuh ibu yang sehat bisa membantu menjaga aliran ASI dengan lebih baik.

25. Ikan gabus

Ikan gabus ternyata mengandung bahan yang bisa meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin lho. Kedua hormon ini baik untuk ibu menyusui karena bisa meningkatkan ASI dan mempercepat proses penyembuhan setelah operasi caesar.

Simak juga video cara mencegah mastitis:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Lesti KejoraFoto: Mia Kurnia Sari



(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!