sign up SIGN UP search


menyusui

Tak Perlu Panik Bun bila Bayi ASI Sering Muntah, Itu Normal Kok

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 02 May 2022 16:19 WIB
Cute baby looks up at her mother while breastfeeding. One of the baby's blue eyes is looking at her mom. caption

Jakarta - Bayi ASI yang muntah memang sering terjadi ya, Bunda. Padahal, minum ASI-nya normal seperti biasanya kok tetapi kenapa muntah ya?

Ini mungkin jadi pertanyaan yang sangat umum dari banyak ibu menyusui. Meski begitu, hal yang normal pula saat bayi ASI muntah ya, Bunda.

Pertama, hampir semua bayi akan 'mengatur' dirinya. Di sinilah mereka biasanya memuntahkan sedikit kelebihan susu. Biasanya, ini terjadi ketika mereka mengambilnya dari menyusui dari gerakan itu menyebabkan kelebihan susu tumpah.


Sphincter atau pita di bagian atas perut benar-benar longgar pada bayi dan tidak perlu banyak waktu untuk mereka posisikan setelah menyusui. Biasanya, hanya sedikit susu dan kemungkinan beberapa mililiter dan tidak akan menyebabkan masalah bagi bayi, Bunda.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah9 Tanda Kepala Janin di Bawah/ Foto: annisa shofia/HaiBunda

Selain itu, beberapa bayi juga muntah setelah menyusu dan kebanyakan muntah meskipun mash dalam batas normal, seperti dikutip dari laman Medela.

Perlu Bunda tahu bahwa bayi ASI muntah setelah menyusu merupakan hal yang normal. Selama muntahan bayi tidak berlebihan dan tidak mempengaruhi kesehatan bayi, tidak ada alasan untuk khawatir ya, Bunda.

Menurut Anne Smith, seorang konsultan laktasi menjelaskan bahwa hampir semua bayi akan meludah atau muntah setelah beberapa kali menyusu.

"Pada bayi sehat yang berat badannya bertambah dengan baik dan memiliki produksi urine yang baik (enam hingga delapan popok kain basah atau lima hingga enam popok sekali pakai) dan setidaknya tiga kali BAB dalam 24 jam, hal ini lebih merupakan masalah cucian daripada masalah medis,"ujarnya seperti dikutip dari laman Lowvelder.

Baby Spit Up Curdled Milk and smilingTak Perlu Panik Bun bila Bayi ASI Sering Muntah, Itu Normal Kok/ Foto: iStock

Menurut penelitian yang dilakukan Dr Neil Chanchlani, seorang peserta pelatihan spesialis di bidang pediatri untuk Royal Free London NHS Foundation dan rekannya, keluarnya isi perut bayi secara tidak sengaja ke kerongkongan merupakan peristiwa psikologis yang umum dan normal.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang penyebab bayi selalu gumoh.

[Gambas:Video Haibunda]



TAK PERLU PANIK, KETAHUI PENYEBAB BAYI ASI MUNTAH, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!