sign up SIGN UP search


menyusui

Makan Banyak Tak Jamin Bikin ASI Lancar lho, Ketahui yuk Penyebab Lain ASI Seret

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 28 Apr 2022 12:10 WIB
Mother pouring milk caption

Jakarta - Produksi ASI memang sangat berpengaruh pada asupan dan juga kondisi dari busui yang bersangkutan ya, Bunda. Untuk itu, tak heran jika sudah makan banyak ASI seret pun bisa saja terjadi.

Banyak wanita yang ingin menyusui berjuang untuk mengejar produksi yang cukup. Masalah dengan produksi merupakan salah satu alasan yang paling sering dikeluhkan setidaknya dalam enam bulan pertama menyusui.

Memahami penyebab ASI seret meski sudah banyak makan pun perlu diketahui ya. Sehingga, Bunda dapat mencari cari untuk meningkatkan ASI secara efektif guna memenuhi kebutuhan Si Kecil.


Secara umum, masalah produksi ASI sering muncul saat ibu pertama kali mulai menyusui. Tetapi, bisa juga terjadi setelah berbulan-bulan berhasil menyusui tanpa ada masalah.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah9 Tanda Kepala Janin di Bawah/ Foto: annisa shofia/HaiBunda

Biasanya, alasan umum ASI seret meliputi beberapa hal. Salah satunya yakni jarang menyusui atau memompa ASI. Seperti diketahui, produksi ASI sebagian besar merupakan masalah penawaran dan permintaan. Semakin sering bayi menyusu, produksi meningkat sehingga ibu dapat memberikan lebih banyak ASI.

Demikian juga, persediaan mungkin berkurang ketika sesi menyusui dihentikan. Para busui juga mungkin melihat penurunan produksi ketika mereka kembali bekerja terutama jika mereka tidak memompa secara teratur di siang hari, seperti dikatakan Dan Brennan, MD, seorang dokter anak di California.

Ilustrasi menyusuiMakan Banyak Tak Jamin Bikin ASI Lancar lho, Ketahui yuk Penyebab Lain ASI Seret / Foto: Getty Images/iStockphoto/kdshutterman

"Selain itu, memberikan susu formula pada bayi pada bayi baru lahir dengan botol saat Bunda menyusui juga terkadang penting untuk kesehatannya. Tetapi, hal ini dapat mengganggu produksi ASI. Ibu menyusui mungkin menemukan bahwa bayi mereka tidak cukup sering mengosongkan payudaranya untuk mempertahankan suplai ASI yang cukup," ujarnya.

Berbagai hal memang sedianya bisa jadi penyebab ASI seret meski busui sudah makan banyak. Untuk itu, busui juga perlu mewaspadai penyebab lainnya di luar asupan yang dikonsumsi karena berbagai faktor dapat menjadi penyebab ASI seret ya, Bunda.

Kita lanjut ke halaman selanjutnya yuk Bunda.

Simak juga yuk video tentang 7 makanan ampuh lancarkan ASI:

[Gambas:Video Haibunda]



SUDAH MAKAN BANYAK ASI SERET, APA PENYEBABNYA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!