sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tanda Busui Kurang Minum, Waspadai ya agar Tak Ganggu Produksi ASI

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 25 May 2022 11:30 WIB
young attractive asian woman who drinks water in a kitchen caption

Jakarta - Memenuhi kebutuhan cairan selama menyusui penting menjaga kestabilan pasokan ASI. Karena itu, kenali yuk tanda busui kurang minum agar tidak dehidrasi akut dan mengganggu kelancaran ASI.

Menyusui bisa sangat menantang bagi ibu baru baik secara emosional dan juga fisik. Karena begitu banyaknya energi fisik yang digunakan selama proses menyusui, tetap terhidrasi merupakan kunci yang perlu dipenuhi. Selain itu, penting juga bagi busui untuk mewaspadai tanda-tanda tidak minum cukup air saat menyusui.

Memang, sejauh ini tidak ada aturan baku tentang seberapa banyak air yang harus diminum ibu menyusui setiap hari. Menurut Kristin Gourley, IBCLC, seorang konsultan laktasi, jumlah air yang perlu diminum ibu menyusui setiap harinya jumlahnya bervariasi dari orang ke orang. 


"Tubuh yang sehat biasanya akan memberikan sinyal untuk kebutuhan cairan mereka sendiri. Ibu menyusui juga harus selalu minum dan tidak menunggu sampai haus," ujarnya seperti dikutip dari laman Romper.

Banner Benarkah Seks Menyakiti JaninBenarkah Seks Menyakiti Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Karena itu, tetap terhidrasi sangatlah penting untuk kesehatan ibu menyusui secara keseluruhan dan akan membantunya mempertahankan suplai ASI. Namun, penting untuk dicatat bahwa dehidrasi dapat menyebabkan penurunan suplai ASI tetapi minum lebih banyak air dari yang dibutuhkan tubuh tidak akan meningkatkan suplai ASI.

Untuk itu, penting bagi busui mengenali tanda busui kurang minum seperti dikutip dari laman Motherly berikut ini:

1. Urine berwarna gelap

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah Bunda terhidrasi sepenuhnya ialah dengan melihat ke bawah saat berada di toilet. Jika urine berwarna gelap dan berbau, Bunda berarti tidak cukup minum.

Klik di halaman selanjutnya untuk ulasan lebih lengkapnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Saksikan juga video tentang 5 tanda Bunda alami dehidrasi saat menyusui.

[Gambas:Video Haibunda]



5 TANDA BUSUI KURANG MINUM, WASPADAI YUK!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!