sign up SIGN UP search

menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Minuman Manis? Katanya Pengaruhi Otak Bayi

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Selasa, 03 May 2022 07:10 WIB
Ilustrasi wanita minum soda caption

Jakarta - Minuman soda memang kerap menggoda layaknya minuman kafein ya, Bunda. Tetapi, aman enggak sih bagi ibu menyusui termasuk bolehkah ibu menyusui minum minuman manis ya, Bunda?

Menyusui memang menjadi tantangan tersendiri ya, Bunda. Untuk menjaga mood, seringkali memang busui butuh mood booster dari makanan ataupun minuman kesukaan.

Nah, penyuka minuman manis dan soda biasanya suka enggak sabar untuk ikut mengonsumsi kembali meski menyusui. Kira-kira, aman enggak sih, Bunda menyusui minum minuman manis? Apalagi dalam suasana Idul Fitri seperti saat ini, banyak minum minuman manis yang disajikan sebagai hidangan Lebaran.


Melansir dari Very Well Family, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi terlalu banyak minuman manis dapat berdampak pada perkembangan kognitif bayi.

Ibu menyusui sebaiknya menghindari atau mengurangi jus, soda, dan minuman manis lainnya. Menurut penelitian, ibu menyusui yang minum banyak minuman manis saat menyusui dapat memengaruhi perkembangan otak bayinya.

Minuman manis memang telah menguasai tingkat konsumsi masyarakat di Amerika. The Cancer Action Network melaporkan bahwa lebih dari 50 persen orang dewasa Amerika mengonsumsi setidaknya satu minuman tinggi gula setiap harinya. 

CDC melaporkan bahwa lebih dari 10 persen kalori harian berasal dari minuman manis (kurang dari 10 persen gula tambahan dianggap sebagai ambang batas harian untuk diet sehat). Sekarang, penelitian baru menjelaskan bagaimana hal ini dapat memengaruhi bayi baru lahir yang disusui.

Studi ini mencakup 88 ibu yang mengaku mengonsumsi minuman manis setiap hari. Para peneliti mengikuti bayi dari ibu-ibu ini selama periode 24 bulan dan menemukan hasil perkembangan saraf bayi pada 24 bulan setelah kelahiran dapat dipengaruhi berbagai hal negatif oleh asupan fruktosa ibu pada awal menyusui.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda, untuk ulasan selengkapnya.

Simak manfaat sawi hijau untuk ibu menyusui seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



DAMPAK IBU MENYUSUI KEBANYAKAN MINUM MANIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!