sign up SIGN UP search


menyusui

Adakah Manfaat Mengonsumsi Daun Binahong untuk Ibu Menyusui? Ini Jawabannya

Nanie Wardhani   |   Haibunda Sabtu, 28 May 2022 11:22 WIB
Daun Binahong atau Heartleaf maderavine madevine caption

Bagi Bunda yang sedang menyusui sangat dianjurkan untuk makan banyak pilihan makanan bergizi agar nutrisi juga bisa diserap oleh Si Kecil melalui ASI. Sebab apa yang Bunda konsumsi, akan dikonsumsi juga oleh Si Kecil.

Sebisa mungkin, Bunda mengonsumsi makanan-makanan sehat, bergizi, dan tinggi nutrisi. Salah satunya adalah sayuran hijau atau berbagai daun-daunan yang bisa dimasak, lezat rasanya, dan banyak manfaatnya.

Hanya saja, ternyata tidak semua sayuran hijau dan daun-daunan baik untuk Bunda yang sedang menyusui, lho.


Mungkin, Bunda pernah mendengar nama dedaunan ini: Daun binahong. Daun ini sangat terkenal sebagai sebagai daun yang sering dikonsumsi oleh banyak orang.

Pasalnya, daun ini konon menjadi obat yang manjur untuk berbagai penyakit. Tapi, apakah cocok untuk Bunda yang sedang menyusui?

Apa itu daun binahong?

Menurut Useful Tropical Plants Database, binahong adalah salah satu tanaman merambat. Tanaman ini bisa merambat dengan sangat cepat. Mereka bisa tumbuh hingga 9 meter hingga dapat melilit di bagian tanaman di sekitarnya.

Meskipun dikenal sebagai tanaman obat keluarga (TOGA), binahong juga sering digunakan sebagai tanaman hias di rumah.

Daun binahong diklaim memiliki banyak manfaat untuk mengobati diri dari berbagai penyakit. Berbagai penyakit itu adalah kolesterol tinggi, pegal linu, nyeri sendi, asam urat, hingga diabetes. 

Selain itu, daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka luar. Berbagai luka seperti luka bakar, atau luka yang disebabkan karena diabetes bisa lebih cepat sembuh dengan daun binahong.

Beberapa ciri dari tanaman binahong yang bisa Bunda lihat adalah:

  • Bentuk daunnya menyerupai bentuk hati
  • Batangnya halus tanpa duri
  • Tumbuh merambat dan kadang ditemukan melilit pada tumbuhan lain
  • Permukaan daun binahong relatif halus
Close up portrait of beautiful young mother asian carrying little baby girl in home and sunlight in the morning. Healthcare, love, relationship conceptIlustrasi ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/x-reflexnaja

Binahong memiliki kandungan yang dapat menjadi obat dari berbagai penyakit. Hanya saja, penggunaan yang berlebihan atau tidak tepat dapat berujung kepada efek samping bahkan menjadi racun bagi tubuh.

Berbagai kandungan yang ada di tanaman binahong adalah:

  • Vitamin C, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan pengeringan atau penyembuhan luka luar
  • Alkaloid, juga bisa mengobati luka luar
  • Minyak atsiri, gabungan dari berbagai unsur seperti nitrogen, karbon, belerang, hidrogen, dan oksigen. Sangat bermanfaat sebagai bahan campuran bahan kosmetik
  • Asam oleanolik, juga gabungan senyawa yang berperan membantu menutup pergerakan sel kanker dan bakteri
  • Polifenol, mudah larut dan terserap pada air
  • Saponin, punya kemampuan untuk menghemolisis sel darah merah.

Manfaat daun binahong untuk ibu menyusui

Di samping dari manfaatnya yang cukup banyak untuk kesehatan keluarga, daun binahong sebenarnya justru tidak dianjurkan dikonsumsi untuk ibu yang sedang menyusui maupun ibu yang sedang mengandung. Bagi Bunda yang sedang hamil, senyawa pada daun binahong dapat menyebabkan keguguran.

Lalu, untuk ibu menyusui, daun binahong dapat menyebabkan berbagai kondisi seperti nyeri pada dada, menurunkan kualitas ASI, hingga menyebabkan gangguan organ pada tubuh Bunda.

Seperti yang sudah disinggung di awal, penggunaan binahong bisa saja menjadi racun bagi tubuh. Nah, racun ini juga berpotensi dikonsumsi oleh Si Kecil lewat ASI yang ia konsumsi. Si Kecil terancam menjadi sering sakit, hingga memperlambat perkembangan tubuh Si Kecil.

Pada tubuh Bunda, konsumsi daun binahong yang berlebihan dapat dilihat dengan berbagai gejala. Berbagai gejala tersebut adalah:

  • Payudara terasa sakit
  • Jumlah ASI tidak sebanyak biasanya
  • Badan menjadi lebih sering lemas
  • Warna ASI menjadi keruh
  • Dada nyeri atau terasa sangat berat.

Jika Bunda mengonsumsi daun binahong dan sudah merasakan gejala tersebut, jangan ragu untuk berobat ya, Bunda.

Makanan yang dianjurkan untuk ibu menyusui

Nah, daripada mengonsumsi daun binahong, akan lebih baik jika Bunda mengonsumsi makanan lain yang lebih bernutrisi untuk menyusui. Berikut adalah pilihan makanan lain untuk Bunda yang sedang menyusui, seperti yang dilansir dari Parents.

Alpukat

Alpukat mengandung banyak vitamin B, asam folat, vitamin C dan E, yang sangat berguna untuk pertumbuhan Si Kecil.

Kacang-kacangan

Bunda yang sedang menyusui pasti butuh tenaga lebih kan? Kacang-kacangan menjadi solusinya. Mengandung vitamin B dan K, kalsium, zat besi, dan seng, akan membantu memberi tenaga ekstra untuk Bunda. Selain itu, kacang-kacangan akan membantu Bunda memproduksi ASI lebih banyak.

Itu tadi adalah jawaban untuk apakah daun binahong cocok dikonsumsi oleh ibu menyusui atau tidak. Semoga bermanfaat, ya Bunda!

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!