sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Merawat Puting selama Menyusui, Tak Perlu Gosok Terlalu Kasar Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 26 May 2022 14:40 WIB
Young beautiful mother, breastfeeding her newborn baby boy at night, dim light. Mom breastfeeding infant caption

Jakarta - Merawat puting selama menyusui penting diketahui para ibu menyusui. Intip yuk cara merawat puting selama menyusui yang benar sehingga kesehatan dan kebersihan payudara terjaga selalu.

Menyusui merupakan proses alami yang seharusnya menjadi pengalaman yang baik bagi Bunda dan bayi. Hal ini juga akan membantu ikatan antara ibu dan bayi serta pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan bayi selama bertumbuh.


Namun, dibutuhkan sedikit latihan serta kesabaran untuk melakukan semuanya dengan baik. Bagi ibu baru, mungkin adaptasi perlu dilakukan di awal-awal.

Seringkali, proses menyusui dianggap sulit dan risiko nyeri puting hingga ketidaknyamanan menyusui dialami. Hal ini memang sedianya dapat disebabkan berbagai hal ya, Bunda.

Termasuk di antaranya posisi bayi, pelekatan, ataupun isapan. Bunda pun diharapkan dapat melakukan berbagai cara untuk mendapatkan posisi terbaik sehingga menyusui terasa lebih nyaman dan tak menyakitkan.

Banner Benarkah Seks Menyakiti JaninBenarkah Seks Menyakiti Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Serta, diharapkan para busui juga melakukan perawatan pada putingnya guna memastikan bahwa menyusui berjalan aman dan lancar. Selain itu, perawatan pada puting juga diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan puting serta mencegah permasalahan puting yang sering muncul seperti puting kering dan pecah-pecah selama menyusui.

"Selama kehamilan, kebanyakan puting menjadi lebih sensitif. Dan, ketika bayi baru lahir dan mulai menyusui, payudara mengalami tekanan dan isapan yang tidak pernah dialami sebelumnya (khususnya bagi ibu baru)," ujar Sioned Hilton, seorang konsultan laktasi seperti dikutip dari laman Medela.

Ya, kondisi awal tersebut tentunya tidaklah nyaman dan tak mudah dilalui. Meski demikian, menyusui tetap harus berjalan dan proses menyusui tidak boleh terasa sakit ya, Bunda.

Jika ada kesakitan atau ketidaknyamanan yang dirasakan artinya ada permasalahan atau kesalahan saat menyusui yang dilakukan. Seperti misalnya pelekatan yang tidak tepat.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Saksikan juga yuk video tentang payudara gatal saat menyusui, normalkah?

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MERAWAT PUTING SELAMA MENYUSUI, JANGAN GOSOK TERLALU KASAR, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!