sign up SIGN UP search


menyusui

8 Makanan Kaya Nutrisi Bikin ASI Kental, Yuk Lahap agar Bayi Tumbuh Optimal

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 24 May 2022 13:55 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Tekstur Air Susu Ibu (ASI) sering dikaitkan dengan kualitasnya lho, Bunda. ASI yang kental dipercaya memiliki kandungan nutrisi tinggi, sehingga baik untuk diberikan ke bayi.

Bunda perlu tahu, tekstur ASI dapat berubah sesuai kebutuhan bayi. Studi dalam Pediatric Clinicians of North America menjelaskan bahwa ASI memiliki kapasitas untuk berubah dengan cepat berdasarkan biofeedback dari air liur Si Kecil.

ASI kental dapat menjadi pertanda baik bila ini adalah hindmilk atau ASI akhir. Tak seperti foremilk atau ASI awal yang encer dan bening, hindmilk memiliki tekstur yang lebih kental.


"ASI ini kental karena kaya akan lemak. Kenapa kental? sebagai sumber energi atau kalori, serta untuk membangun jaringan lemak dan melindungi organ tubuh anak," ujar Konselor Menyusui dan Founder MamaBear, Agnes Widjaja kepada HaiBunda belum lama ini.

"Kalau melihat dari kegunaannya, foremilk dan hindmilk sama-sama penting. Jadi tidak ada ASI yang tidak berkualitas," sambungnya.

Banner Benarkah Seks Menyakiti Janin

Dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui karya F.B. Monika dijelaskan, foremilk tinggi kandungan laktosa sehingga dapat membantu perkembangan otak bayi dan memberikan energi. Sedangkan hindmilk cenderung lebih kental, kaya lemak dan kalori, serta berperan dalam pertambahan berat badan bayi.

Dibandingkan foremilk, hindmilk lebih mengenyangkan untuk bayi seperti makan utama. Perbedaan kandungan keduanya terjadi bila interval antar waktu menyusui adalah dua jam atau lebih.

Bila ingin mendapatkan ASI kental, Bunda dapat mengonsumsi makanan yang sehat nih. American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan, pola makan selama menyusui bisa berdampak pada kualitas dan tekstur ASI.

Baca halaman berikutnya untuk mengetahui 8 makanan yang bisa bikin ASI kental yuk, Bunda.

Simak juga 8 faktor yang bisa memengaruhi rasa ASI, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MAKANAN YANG BISA BIKIN ASI KENTAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!