sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Tape Ketan? Ternyata Ini Jawabannya

Nanie Wardhani   |   Haibunda Sabtu, 04 Jun 2022 14:50 WIB
young mother breastfeeding caption

Tentunya menyusui adalah saat-saat yang melelahkan bagi seorang bunda. Pemberian ASI eksklusif sepanjang enam bulan menjadi waktu yang sangat panjang untuk Bunda. Oleh karena itu, Bunda mungkin mencari makanan penambah energi.

Salah satu makanan penambah energi yang banyak disarankan orang adalah tape ketan. Tape adalah makanan yang sangat khas dan populer di Asia Tenggara. Bentuknya bisa bermacam-macam, begitu juga dengan olahannya. Ada banyak olahan tape yang kita kenal di Indonesia.

Namun, yang menjadi pertanyaan bagi Bunda adalah, apakah ibu yang sedang menyusui boleh memakan tape ketan?


Pasalnya, apapun yang Bunda konsumsi pada saat menyusui akan berpengaruh langsung kepada Si Kecil. Baik pada masa pertumbuhannya, atau pun menimbulkan berbagai reaksi yang tidak Bunda inginkan.

Untuk itu, apapun makanan yang Bunda konsumsi harus dipertimbangkan kembali. Seperti tape ketan.

Bolehkah ibu menyusui makan tape ketan?

Sebenarnya, tidak ada pantangan khusus bagi ibu menyusui. Hanya saja, Bunda harus dapat dengan bijak memilih mana makanan yang memiliki manfaat, dan mana makanan yang sebaiknya dihindari.

Alasan lain mengapa Bunda harus memilih-milih makanan yang akan disantap adalah Si Kecil. Bunda harus bisa melihat apakah Si Kecil memiliki alergi tertentu, yang disebabkan dari makanan yang Bunda konsumsi, lalu dikonsumsi Si Kecil lewat ASI.

Dari sekian makanan yang harus Bunda pikirkan ulang, atau kurangi intensitas untuk mengonsumsinya, adalah tape ketan.

Tape ketan adalah makanan fermentasi yang mengandung alkohol. Jika mengutip dari National Health Service, beberapa makanan atau minuman yang sebaiknya Bunda hindari saat menyusui adalah sebagai berikut.

  • Ikan yang memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Seperti ikan marlin, ikan hiu, atau ikan todak.
  • Minuman yang mengandung kafein. Seperti kopi, teh, atau coklat. Minuman berkarbonasi seperti soda juga sebaiknya tidak dikonsumsi.
  • Minuman yang mengandung alkohol, seperti bir, wine, dan lain-lainnya.

Tape ketan yang merupakan makanan hasil fermentasi tentunya mengandung alkohol. Sementara seperti yang sudah disampaikan, sebaiknya selama menyusui, Bunda menghindari mengonsumsi alkohol.

Kandungan alkohol tersebut tetap bisa disalurkan kepada Si Kecil lewat ASI apabila Bunda mengonsumsi tape ketan. Terlebih, jika Bunda mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Ilustrasi ibu menyusui atau menggendong bayiIlustrasi bunda menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), alkohol dapat mempengaruhi kualitas ASI Bunda. Sementara itu, mengonsumsi alkohol selama menyusui dapat menyebabkan:

  • Gangguan tumbuh kembang bayi secara motorik
  • Bayi mengalami gangguan pola tidur
  • Alkohol dapat menurunkan produksi ASI.

Meskipun begitu, Bunda tetap bisa mengonsumsi tape ketan kok. Hanya saja dalam porsi yang sedikit dan tidak terlalu sering.

Tape ketan juga memiliki manfaat untuk mencegah diabetes dan menurunkan berat badan, hingga membuat pencernaan lancar.

Makanan yang lebih disarankan untuk ibu menyusui

Sebagai pengganti tape ketan, Bunda bisa memilih makanan-makanan di bawah ini yang memiliki manfaat segudang untuk ibu menyusui. Berikut adalah contoh makanan yang cocok dikonsumsi untuk ibu menyusui, menurut Parents.

Alpukat

Ketika Bunda sedang dalam masa menyusui, maka Bunda akan membutuhkan banyak tenaga dan nutrisi. Untuk mendukung kelancaran Bunda dalam menyusui, maka alpukat adalah jawabannya.

Alpukat adalah paket lengkap untuk Bunda. Alpukat mengandung 80 persen lemak dan membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini cocok untuk Bunda yang punya program diet setelah melahirkan.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E.

Sayuran berdaun hijau

Jika Bunda ingin meningkatkan produksi ASI, maka sayur-sayuran adalah jawabannya. Sayuran berdaun hijau mengandung fitoestrogen, terbukti memiliki pengaruh positif untuk produksi ASI.

Mungkin Bunda berpikir, memakan sayuran seperti brokoli atau kubis akan berpengaruh kurang baik karena membuat perut kembung dan Si Kecil menjadi rewel.

Namun, pengaruh gas yang disebabkan oleh karbohidrat ini tidak bisa ditransfer lewat ASI. Jadi, jangan khawatir ya, Bunda.

Bunda, itulah jawaban dari apakah ibu menyusui boleh makan tape ketan atau tidak. Jika Bunda memiliki keraguan atau masalah terhadap suatu makanan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter Bunda ya.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!