sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Kolostrum Keluar Sebelum Melahirkan, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Khesedtov Bana   |   Haibunda Rabu, 01 Jun 2022 13:55 WIB
Premature baby born at 25th week of pregnancy sleeping during the kangaroo care session in hospital. Genuine emotions, real scene. Natural light. caption

Jakarta – Ketika melalui proses kehamilan, Bunda akan dikejutkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah Air Susu Ibu (ASI) yang keluar sebelum melahirkan.

Keluarnya ASI saat sedang hamil di trimester tiga adalah hal normal. Hal ini menandakan, bahwa payudara Bunda mulai memproduksi kolostrum untuk menyusui Si Kecil setelah melahirkan.

Mengenal kolostrum

Kolostrum merupakan ASI yang lebih bernutrisi, sebelum ASI yang lebih banyak keluar. Kolostrum mengandung berbagai macam antibodi, termasuk immunoglobulin A (IgA). IgA membantu melindungi bayi dari infeksi dan membantu bayi untuk membentuk sistem imun tubuh.


Kolostrum biasanya berwarna kekuningan dengan tekstur yang agak kental. Kolostrum menjadi makanan pertama bayi sebelum ASI Bunda yang sebenarnya keluar pada 3-4 hari setelah melahirkan.

Janin Terlilit Tali PusarJanin Terlilit Tali Pusar/ Foto: Novita Rizki/ HaiBunda

Kolostrum memiliki  kelebihan yang membedakan dengan ASI yang akan diproduksi setelah melahirkan, seperti : 

  1. Kolostrum memiliki tinggi protein dan rendah lemak, serta karbohidrat
  2. Kolostrum akan melindungi bayi dari infeksi, karena memiliki kadar IgA yang tinggi
  3. Melindungi usus bayi dan membantu pembentukan mikrobioma yang sehat

Sejak trimester pertama tubuh Bunda sudah mulai memproduksi kolostrum, namun kolostrum tidak akan keluar sebelum masa akhir kehamilan. Kolostrum yang keluar pun tidak dalam jumlah banyak Bunda, biasanya hanya sedikit saja dan meninggalkan bekas pada area puting.

Kapan kolostrum mulai keluar?

Pada masa awal kehamilan, Bunda akan mulai merasakan perubahan pada bagian payudara. Mengutip dari laman Healthline, biasanya pada minggu ke 5 atau ke 6 kehamilan, Bunda akan merasa bagian payudara menjadi berat, nyeri dan lembut saat disentuh. Bagian puting mungkin akan menggelap dan ada benjolan-benjolan kecil di sekitarnya.

Perubahan ini menandakan bahwa payudara Bunda sedang memproduksi ASI yang nantinya akan diberikan setelah melahirkan. Memasuki trimester ketiga, Bunda akan mulai mengalami keluarnya kolostrum, lantaran hormon proklatin yang bertanggung jawab atas produksi ASI setelah melahirkan nanti.

Setelah melahirkan, kolostrum yang keluar ketika menyusui Si Kecil mungkin akan terlihat sedikit bagi Bunda. Namun, kolostrum memiliki banyak sekali manfaat sehingga mampu mengisi perut Si Kecil lebih dari cukup. 

Untuk itu, Bunda tidak perlu khawatir merasa kurang saat menyusui ya. Sedikit atau banyaknya kolostrum yang keluar tidak menentukan jumlah ASI nantinya.

Lalu, apa yang harus Bunda lakukan ketika kolostrum keluar? Yuk, cek halaman berikutnya!

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga penyebab bayi ASI jadi susah naik berat badan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CIRI ASI KOLOSTRUM SUDAH KELUAR, BUNDA PERLU TAHU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!